Sukses

KPU: 76 Persen Logistik Pemilu Telah Didistribusikan

Arief menyebut, logistik yang telah 100 persen selesai adalah kotak suara. Sementara 76 persen telah didistribusikan ke berbagai daerah prioritas karena letak geografisnya.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat konsolidasi persiapan pemilihan umum 2019 mendatang. Dari rapat tersebut, Ketua KPU Arief Budiman menyatakan persiapan Pemilu telah selesai.

Arief menyebut, logistik yang telah 100 persen selesai adalah kotak suara. Sementara 76 persen telah didistribusikan ke berbagai daerah prioritas karena letak geografisnya.

"Jumlah kotak suara yang sudah selesai diproduksi 100 persen, 76 persennya sudah didistribusikan ke satuan kerja kabupaten/kota," ujar Arief di Ecovention Park Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (17/11/2018).

Dia menambahkan item logistik lainnya seperti tinta dan hologram masih pada tahap produksi.

Sementara produksi surat suara diakui Arief belum dikerjakan sehubungan masih adanya tahap perbaikan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2019. Dari rapat pleno, Kamis 15 November 2018, KPU menetapkan jumlah DPT sebanyak 189.144.900. Jumlah itu masih berubah seiring masa perbaikan DPT selama 30 hari.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Surat Suara Mulai Diproduksi 2 Januari

Arief meyakini, perbaikan DPT selanjutnya merupakan perbaikan terakhir mengingat produksi surat suara akan dilakukan pada 2 Januari.

"Nanti akan ada surat suara. Surat suara akan mulai produksi tanggal 2 Januari diperkirakan Februari mulai didistribusikan," tukasnya.

Dari rangkaian produksi hingga distribusi logistik, Arief mengatakan seluruhnya sesuai waktu yang ditargetkan. Sehingga terkait produksi logistik, Arief menegaskan pihaknya telah menghemat anggaran tahun 2018 sekitar Rp 548 miliar. Dia mengharapkan anggaran selanjutnya penghematan lebih maksimal.

"Bisa dihemat karena 9 item logistik yang kita adakan itu lelang melalui e-catalogue. Jadi kita akan dorong pada saatnya nanti seluruh logistik Pemilu harus diadakan melalui e-catalogue supaya terjadi penghematan yang luar biasa," tandas Arief.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.