Sukses

KPU Minta Pemilih Pemula Cari Informasi Pemilu dari Sumber Valid

Para pemilih pemula yang merupakan generasi milenial juga ditekankan aktif mengunduh atau mencari informasi tentang Pemilu.

Liputan6.com, Banjarnegara - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah mengintensifkan sosialisasi Pemilu 2019 bagi pemilih pemula.

"Salah satunya melalui kegiatan pendidikan pemilih pemula yang kami selenggarakan pada Sabtu, 10 November di Madrasah Aliyah Al Falah, Banjarnegara," ujar Ketua KPU Banjarnegara Bambang Puji Prasetya, seperti dilansir Antara, Senin (12/11/2018).

Dalam kegiatan tersebut, menurut Bambang, pihaknya memberikan materi Pemilu secara umum, di antaranya tentang pemilih, penyelenggara, dan peserta Pemilu 2019.

"Selain itu, disampaikan juga pentingnya menyalurkan hak pilih dalam Pemilu 2019," jelas Bambang.

Sementara itu, Anggota KPU Banjarnegara M Syarif SW mengatakan, para pemilih pemula yang merupakan generasi milenial juga ditekankan aktif mengunduh atau mencari informasi tentang Pemilu dan para pesertanya.

Kemudian, program peserta pemilu, maupun visi misinya, sehingga bisa menjadi pemilih yang cerdas dan berdaulat.

"Gunakan gawai untuk mengunduh atau mencari tahu informasi pemilu yang benar dari sumber yang valid atau resmi. Jangan mudah sebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya sehingga tidak menjadi korban informasi hoaks," kata Syarif.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Sasar Pemilih Pemula

Menurut Syarif, KPU Banjarnegara menyasar pemilih pemula agar generasi milenial itu mendapatkan informasi yang benar dan cukup sebagai bekal menjadi pemilih dalam Pemilu 2019.

Syarif mengharapkan pemilih pemula dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 bukan karena uang.

"Melainkan karena sudah mempelajari tentang para peserta Pemilu termasuk program, visi misi, serta para calon legislatornya," tegas Syarif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.