Gaet Milenial, KPU Buat Rumah Pintar Pemilu di Bengkulu

Oleh Devira PrastiwiLiputan6.com pada 06 Nov 2018, 08:28 WIB
Diperbarui 06 Nov 2018, 08:28 WIB
Surat Suara Tertukar
Perbesar
Ilustrasi surat suara Pemilu.

Liputan6.com, Bengkulu - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu meluncurkan Rumah Pintar Pemilu.

Menurut Koordinator Divisi Tekhnis dan Partisipasi Masyarakat KPU Rejang Lebong Fahamsyah, peluncuran Rumah Pintar Pemilu dan kursus Pemilu sebagai sarana pengetahuan dan informasi tentang kepemiluan dari tahun ke tahun.

"Kegiatan ini untuk mengenalkan perjalanan Pemilu dari masa ke masa, kemudian prinsip-prinsip Pemilu mulai dari Pileg, Pilpres maupun Pilkada," ujar Fahamsyah, seperti dilansir Antara, Selasa (6/11/2018).

Dia mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh puluhan orang yang berasal dari berbagai kalangan organisasi kepemudaan (OKP), organisasi mahasiswa, utusan perguruan tinggi baik swasta maupun negeri, dan lainnya.

Fahamsyah menilai, keberadaan Rumah Pintar Pemilu dan kursus Pemilu itu sangat penting, mengingat para peserta yang mengikutinya adalah pemilih pemula atau kalangan milenial. Sehingga, kata dia, mereka harus mengetahui maksud dan tujuan penyelenggaraan pesta demokrasi tahun itu.

"Kalangan pemilih pemula ini adalah pemilih yang baru pertama kali menggunakan hak suaranya. Kita mengimbau mereka menggunakan hak pilihnya dengan baik dan tidak golput," jelas Fahamsyah.

Pelaksanaan Pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 ini, kata Fahamsyah, merupakan Pemilu serentak pertama, dimana nantinya selain akan memilih anggota DPR-RI, DPD, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten atau kota, juga akan memilih presiden dan wakil presiden.

Fahamsyah berharap, sosialisasi dan pengenalan Pemilu kepada generasi milenial di Rejang Lebong ini akan meningkatkan partisipasi pemilih yang ditargetkan sebanyak 78 persen dari jumlah DPT sebanyak 199.213 jiwa.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: