Sukses

Bupati Bone Ingatkan Pentingnya Peran Pemuda Jelang Pemilu 2019

Peran pemuda untuk menghalangi dampak negatif di era sekarang, terutama jelang Pemilu Serentak 2019 mendatang.

Liputan6.com, Bone - Bupati Bone, Sulawesi Selatan, Bolango Hamim Pou mengingatkan pentingnya peran generasi muda saat ini untuk menyukseskan tahapan pelaksanaan Pemilu, khususnya Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

"Peran dan partisipasi pemuda saat ini sangat penting, terutama untuk membendung upaya pemecah belah bangsa jelang hajatan pesta demokrasi atau Pemilu tahun 2019," ujar Hamim saat menanggapi peringatan Sumpah pemuda 28 Oktober 2018, seperti dilansir Antara, Selasa (30/10/2018).

Menurutnya, pemuda di zaman perjuangan melawan penjajah, mampu membangkitkan semangat mempertahankan NKRI, dan menyatukan semua komponen bangsa, yakni suku agama ras dari Aceh hingga Papua.

"Sekarang generasi muda dituntut untuk menjadi agen pembangunan, bukan terjerumus ke hal-hal merugikan kepentingan bangsa," ucapnya.

Hamim memaparkan, peran pemuda untuk menghalangi dampak negatif di era sekarang seperti informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari berita bohong (hoaks), ujaran kebencian (hate speech), pornografi, narkoba, pergaulan bebas, hingga radikalisme dan terorisme.

"Itu akan masuk dengan mudahnya ke jajaran generasi muda apabila tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan, serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara," kata dia.

Bagi Hamim yang juga mantan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gorontalo itu, Pemilu Serentak 2019 harus dilaksanakan dengan penuh kegembiraan politik, tanpa harus melukai pihak lain.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.