Sukses

SBY Instruksikan Caleg Demokrat Jangan Banyak Umbar Janji

Liputan6.com, Yogyakarta - Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta seluruh calon anggota legislatif (caleg) dari partainya tidak banyak memberikan janji yang muluk saat kampanye.

"Saya instruksikan kepada para caleg jangan banyak berjanji. Jangan berjanji yang muluk-muluk. Saya takut kalau janjinya setinggi langit, nanti malah tidak bisa ditepati," kata SBY saat berdialog bersama warga, kader, dan fungsionaris Partai Demokrat di Ndalem Benawan, Yogyakarta, Sabtu malam, 27 Oktober 2018.

Menurut SBY, instruksi tersebut telah disampaikan kepada para kader Partai Demokrat di seluruh Indonesia. Kampanye yang muluk atau hampir pasti tidak bisa ditepati, kata dia, harus dihindari.

"Saya sudah meminta seluruh jajaran Partai Demokrat, termasuk di Yogyakarta," kata Presiden ke-6 RI ini seperti dilansir Antara.

Meski demikian, dia mengatakan, penyampaian janji kepada masyarakat merupakan bagian dari kampanye itu sendiri.

"Kampanye itu pada prinsipnya adalah janji-janji apakah itu capres cawapres, dan juga partai politik utamanya para calon anggota DPR RI atau DPRD provinsi/kabupaten. Janji-janji kalau beliau mendapatkan amanah dan mendapatkan mandat dari rakyat apa yang dilakukan," ujar SBY.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dengarkan Keluh Kesah

Selain berpesan tidak banyak berjanji, SBY justru meminta para kadernya mendengarkan keluh kesah masyarakat secara langsung agar dapat dipenuhi setelah pemilu.

"Bahkan, tidak usah menunggu pemilu pun harapan rakyat agar dipenuhi oleh pemerintah sekarang yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo untuk Indonesia secara keseluruhan," tutur SBY.

Oleh sebab itu, dalam dialog itu dia berharap masyarakat dapat mengutarakan apa yang masih menjadi keluh kesah atau sebaliknya menyampaikan apa adanya bahwa yang dilakukan pemerintahan saat ini sudah cukup baik.

"Saya SBY, bapak, ibu, dan para caleg Partai Demokrat ingin mendengarkan apa yang sesungguhnya terjadi. Kalau sudah baik, bapak ibu bisa mengatakan ini sudah baik. Kalau ada hal-hal yang belum baik, bapak ibu 'kersa ngendika' (bersedia bicara) yang itu belum baik," kata SBY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.