Sukses

Kotak Suara Pemilu 2019 di Bangka Sudah Lengkap

Kotak suara kertas kedap air itu mengalami keterlambatan yang semulanya dijadwalkan pada Rabu, 22 Oktober 2018, namun pendistribusian terkendala.

Liputan6.com, Bangka - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan, kotak suara yang akan digunakan untuk Pemilu 2019 di daerah tersebut sudah lengkap didistribusikan dari pusat.

"Kotak suara semuanya sudah lengkap kita terima sesuai pengajuan sebanyak 4.433 pack, hari ini sebanyak 727 koli atau 3.635 pack kotak suara tiba dikirim oleh ekspedisi PT Cipta Multi Buana Perkasa dari Bekasi, Jawa Barat," ujar Komisioner Divisi Umum, Logistik, dan Keuangan KPU Kabupaten Bangka Iman Supiar, seperti dilansir Antara, Jumat (26/10/2018).

Dia mengatakan, sebelumnya pusat mendistribusikan sebanyak 795 pack atau 160 koli menggunakan truk ekspedisi PT ICA EKSPRES pada tanggal 22 Oktober 2018. Menurut Iman, kotak suara yang diterima KPU Kabupaten Bangka itu dalam keadaan baik semuanya.

"Jika nanti ada yang rusak, penyedia menyatakan setiap melakukan penggantian dengan yang baru," ucapnya.

Iman memaparkan, kotak suara kertas kedap air itu mengalami keterlambatan yang semulanya dijadwalkan pada Rabu, 22 Oktober 2018, namun pendistribusian terkendala kontainer yang harus berukuran besar untuk pengiriman logistik Pemilu 2019 Kabupaten Bangka.

"Pada hari Rabu yang lalu kita dikonfirmasi sudah datang, tapi kontainer untuk Kabupaten Bangka lebih besar sehingga menggunakan kapal yang lain," kata dia.

KPU Kabupaten Bangka, lanjut Iman, akan melakukan perakitan kotak suara. Tetapi, kata dia, masih memikirkan tempat penyimpanan kotak suara yang nantinya membutuhkan ruangan lebih besar ketika selesai dirakit.

"Logistik Pemilu 2019 lainnya akan dipenuhi secara bertahap seperti tinta, surat suara, stempel dan lainnya dengan pengadaan oleh beberapa pihak. Kita menunggu instruksi KPU RI yang ditargetkan pada bulan Maret (2019) telah tiba semua di KPU Kabupaten Bangka," tandas Iman.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.