Sukses

KPU Bangka Barat Terus Verifikasi Data Pemilih hingga Pelosok

KPU menempatkan petugasnya secara bergilir di lokasi yang mudah dijangkau warga seperti pasar, kantor desa, kantor kecamatan, rumah sakit, objek wisata, sekolah, dan lapangan.

Liputan6.com, Bangka Barat - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, melaksanakan verifikasi dan pencocokan data pemilih hingga ke pelosok daerah setempat.

"Verifikasi dan pencocokan data pemilih ini sejak akhir September 2018 hingga menjelang pencoblosan Pemilu 2019," ujar anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Harpandi, seperti dikutip dari Antara, Rabu (17/10/2018).

Menurut dia, kegiatan yang berlangsung setiap hari dalam upaya menyukseskan gerakan melindungi hak pilih itu dilaksanakan tidak hanya di kantor KPU setempat, tetapi juga menyasar sejumlah lokasi strategis lainnya.

Para petugas, kata Harpandi, ditempatkan secara bergilir di lokasi yang mudah dijangkau warga seperti pasar, kantor desa, kantor kecamatan, rumah sakit, objek wisata, sekolah, dan lapangan.

"Animo masyarakat mencek data cukup tinggi, per harinya bisa mencapai sekitar 100 orang yang dilayani," ucapnya.

Pada kegiatan itu, menurut Harpandi, para warga yang sudah memiliki hak pilih biasanya meminta tolong kepada petugas KPU untuk memastikan namanya sudah masuk dalam daftar pemilih.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cek Data Ganda

Harpandi mengatakan, selain memastikan nama terdaftar dalam data pemilih, upaya jemput bola itu juga untuk mendeteksi awal kemungkinan terjadinya data ganda.

"Ini merupakan terobosan baru yang dilakukan penyelenggara untuk melindungi hak pilih warga yang diharapkan mampu memberi andil dalam mewujudkan pemilu yang berintegritas," jelas Harpandi.

Harpandi mengatakan, masyarakat juga bisa melakukan cek data secara mandiri dengan mengakses laman www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id atau mengunduh aplikasi KPU RI Pemilu 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.