Sukses

Beri Pembekalan Bakal Caleg Perindo, Jokowi: Harus Ada Diferensiasi

Jokowi memberikan pembekalan 500 lebih bakal calon anggota legislatif (caleg) Partai Perindo.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan pembekalan 500 lebih bakal calon anggota legislatif (caleg) Partai Perindo di Jakarta Concert Hall, Jakarta, pada Senin (17/9/2018). Dalam pembekalan tersebut, Jokowi menyampaikan berpolitik hampir sama dengan berjualan produk.

"Dari pengalaman saya berjualan produk, saya lihat-ihat jualan produk dan politik itu mirip-mirip. Caranya mirip-mirip, harus ada diferensiasi, harus ada domain branding, semuanya," kata Jokowi saat membuka pembekalan bakal caleg Partai Perindo, Senin (17/9/2018).

Jokowi mengaku memang butuh kerja keras dan ketekukan untuk bisa bersaing di dunia politik. Contohnya ketika dirinya maju sebagai pemilihan wali kota Solo.

Ketika itu, sambung dia, masyarakat belum mengenal siapa Jokowi. Namun, dengan cara-cara tertentu, akhirnya Jokowi semakin dikenal hingga akhirnya memenangkan Pilpres 2014 lalu.

"Enggak ada sama sekali yang kenal. Tapi dari pengalaman saya seperti jerjualan produk. Baru ramai yang saya pelajari adalah microtargeting, campagning, dan microcanvasing. Itu kira-kira yang saya lakukan 14 tahun yang lalu," ucap Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.