Sukses

Daftar Pileg, PSI Boyong Pemuda Jadi Bacaleg

PSI sendiri telah mengisi data bacaleg dalam sistem informasi calon secara 100 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) baru saja mendaftarkan bakal calon legislatifnya (bacaleg) untuk Pemilu Legislatif 2019. Ketua Umum PSI Grace Natalie yang datang bersama beberapa pengurus partainya ke KPU tidak hanya membawa berkas yang dibutuhkan.

Namun mereka juga membawa tulisan yang cukup besar berbunyi "Caleg PSI 100% Bukan Eks Korupsi."

"Hari ini kami menyerahkan formulir dan dokumen-dokumen. Mohon doa restunya. Dan 100 persen caleg PSI tidak ada eks napi korupsi," ujar Grace, usai mendaftar di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).

Bukan hanya datang dengan tulisan yang cukup mencolok, Grace mengungkapkan untuk keikutsertaan partainya pertama kali dalam kontestasi pemilu nantinya, PSI membawa hal unik lainnya. Seperti dalam komposisi bacaleg yang didominasi kalangan muda serta banyaknya bacaleg perempuan yang ikut serta.

"Dari semua caleg yang maju. 60 persen di bawah 45 tahun. 45 parsen adalah perempuan. Satu dari dua adalah perempuan," ungkap Grace.

PSI sendiri telah mengisi data bacaleg dalam sistem informasi calon secara 100 persen. Mereka menyertakan 575 caleg yang tersebar dalam 80 daerah pilih untuk pemilihan legislatif tingkat DPR RI untuk didaftarkan.

"Caleg 575 dari 80 dapil, 100 persen," kata dia. 

Rencananya, di hari terakhir pendaftaran ini, akan ada 14 partai politik lainnya yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU RI. Keempat belas partai tersebut adalah Partai Garuda, PAN, Partai Perindo, Partai Garuda, PDIP, Partai Hanura, Partai Demokrat, Partai Berkarya, Partai Golkar, PKS, PKB, PKPI, PPP, Partai Gerindra, dan PBB. Sedangkan Partai Nasdem telah mendaftarkan bacalegnya ke KPU RI pada kemarin, Senin, 16 Juli 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengundian Nomor Urut

Usai mendaftar, PSI memberikan nomor urut bagi masing-masing bakal calon legislatifnya lewat pengundian.

"Kami melakukan pengundian nomor urut (untuk menentukan nomor urut bacaleg)," ungkap Grace.

Grace menuturkan, lewat pengundian itu, secara tidak sengaja 20 persen bacaleg perempuan mendapatkan nomor urut 1. Komposisi bacaleg PSI sendiri didominasi kalangan muda dengan cukup banyaknya bacaleg perempuan yang ikut serta.

"Kemudian untuk nomor urut dari situ ada 20 persen caleg peremuan nomor urut 1," lanjutnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PSI, Sumardy mengatakan, dilakukannya pengundian nomor urut agar semua orang memiliki kesempatan yang sama dalam mendapatkan nomor urut.

Dia pun menilai nomor urut bukan lah suatu tolak ukur keberhasilan bacaleg dalam pileg nantinya.

"PSI menawarkan tradisi baru dalam penentuan nomor urut. Dan pengundiannya tidak hanya di DPR RI tapi di DPRD Provinsi, Kabupaten Kota itu diundi dari semua level," ucap Sumardy.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.