Pertanyaan Umum

- Tak Menjaga Kebersihan Tangan
- Tidak Menjaga Kebersihan Setelah Bepergian
- Tidak Menerapkan Etika Batuk dan Bersin
- Terjadi Interaksi dengan Banyak Orang
- Tidak Isolasi Diri Setelah Kembali dari Wilayah Pandemi
- Kurangnya Pemahaman tentang Virus Corona Covid-19

1. Demam

Gejala orang terinfeksi virus Corona Covid 19 pertama yang dapat terlihat pada minggu pertama adalah mengalami demam tinggi. Yakni terjadi peningkatan suhu tubuh di atas normal pada kisaran 38 derajat celcius ke atas. Jika suhu tubuh di atas 37,5, Anda harus waspada karena bisa jadi itu merupakan gejala virus Corona.

Maka dari itu, tindakan pencegahan berupa deteksi dini virus Corona Covid menggunakan alat deteksi termal banyak dilakukan oleh berbagai pihak di beberapa tempat umum. Sehingga apabila seseorang terdeteksi mengalami peningkatan suhu tubuh, maka perlu diwaspadai adanya infeksi virus Corona Covid-19.

2. Batuk Tidak Berdahak

Ciri orang terinfeksi virus Corona Covid 19 selanjutnya yang ditunjukkan adalah dengan batuk tidak berdahak. Pada fase ini, virus corona covid-19 sudah mulai menginfeksi saluran pernapasan.

Orang terinfeksi virus corona, akan mengalami batuk kering dan rasa gatal di tenggorokan sebagai bentuk infeksi virus. Pasalnya, sistem kekebalan tubuh akan mengirim respon apabila terdapat patogen yang masuk ke dalam tubuh dengan batuk.

3. Kelelahan

Ciri orang terinfeksi Corona Covid-19 pada minggu pertama selanjutnya adalah kelelahan. Di mana tubuh terasa selalu lemas, lesu, dan letih untuk beraktivitas seperti biasanya.

Kelelahan terjadi ketika otot-otot yang ada di dalam tubuh menjadi tegang serta menurunnya fungsi otak untuk melakukan berbagai rutinitas sehari-hari.

4. Pegal-Pegal

Pegal-pegal adalah salah satu ciri seseorang tertular oleh virus corona covid-19. Pada gejala ini, tubuh merespon dengan mengirimkan sinyal ke otot-otot yang ada di seluruh tubuh untuk meradang guna memerangi virus Corona Covid-19 yang masuk ke dalam tubuh.

Seseorang yng terinfeksi virus Corona Covid-19 pada pekan pertama akan merasakan sakit yang berlebihan pada otot dan jaringan di sekitarnya.

5. Tidak Nafsu Makan

Pada sebagian pasien yang terinfeksi virus Corona Covid-19 ditemukan gejala berupa hilangnya nafsu makan. Sebab, infeksi virus Corona Covid-19 ini membuat perut terasa tidak nyaman, mual, diare, dan sebagainya.

Namun, menurut Alodokter gejala ini tidak selalu terlihat pada setiap orang yang terinfeksi virus Corona Covid-19 sehingga disebut juga sebagai gejala yang tidak khas karena jarang terjadi.

6. Sesak Napas

Sesak napas adalah ciri utama seseorang terinfeksi virus Corona Covid-19 yang dapat terlihat. Sebab, pada dasarnya virus Corona Covid-19 adalah virus yang menyerang sistem pernapasan dan sistem kekebalan tubuh pada manusia.

Namun, sebagian besar gejala ini tidak muncul pada pekan pertama melainkan minggu kedua. Perlu diperhatikan, beberapa virus corona dapat menyebabkan gejala yang parah. Infeksi dapat berubah menjadi bronkitis dan pneumonia akibat virus corona.

Dikutip dari Alodokter, karena sama-sama disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan, maka gejala awal virus Corona Covid-19 ini juga bisa mirip dengan flu biasa yaitu pilek, hidung tersumbat, sakit kepala, dan sakit tenggorokan.

Segera konsultasikan kondisi tubuh dengan dokter apabila merasakan atau melihat beberapa gejala yang serupa dengan gejala infeksi virus Corona Covid-19 tersebut baik secara langsung atau sambungan telepon.

Anda bisa menghubungi layanan pesan singkat COVID19.GO.ID (+62 811 3339 9000). Selain itu, pemerintah juga mengimbau segera menghubungi call center 119 atau call center rumah sakit rujukan terdekat.

1. Cuci Tangan

Tindakan pertama yang dapat dilakukan untuk menangkal virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan. Sebab, tangan adalah salah satu anggota tubuh yang menjadi sumber penyakit.

Cuci tangan dengan durasi minimal 20 detik untuk membunuh virus corona menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. Setelah itu, keringkan tangan menggunakan kain yang bersih atau tisu.

Tindakan pencegahan yang satu ini dianggap lebih efektif untuk membunuh kuman, bakteri, termasuk virus corona. Cuci tangan merupakan langkah yang disarankan oleh banyak pihak, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia.

2. Hindari Sentuh Wajah

Telah diketahui bahwa tangan dapat menjadi sumber penyakit sebab sering terjadi kontak dengan benda maupun orang lain. Sementara itu, virus corona disinyalir dapat masuk tubuh manusia melalui segitiga wajah yakni mata, hidung, dan mulut.

Maka dari itu, hindari untuk menyentuh wajah menggunakan tangan. Apabila terpaksa harus menyentuh wajah, maka pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun.

3. Etika Bersin dan Batuk

Terapkan etika bersin dan batuk dengan benar menggunakan siku tangan bagian dalam atau tisu bersih. Sebab, cairan yang diproduksi pada saat batuk dan bersin tersebut dapat menjadi media penularan virus corona.

Apabila Anda menggunakan tisu, maka segera buang ke tempat sampah dan cuci tangan menggunakan sabun hingga bersih dan kering kembali.

4. Memakai Masker

Virus corona tidak menyebar melalui udara. Namun, penggunaan masker dapat meminimalisir penularan virus corona. Sebab, virus corona dapat menyebar melalui droplets dan dapat masuk ke dalam tubuh melalui selaput lender seperti mata, mulut, dan hidung.

Masker juga dapat digunakan ketika seseorang dalam kondisi yang kurang sehat. Hindari untuk menggunakan satu masker secara berulang-ulang. Sebab, masker dapat mengandung berbagai jenis kuman, bakteri, dan virus setelah dipakai.

5. Hindari Interaksi Langsung

Cara sederhana guna menangkal virus corona yang kelima adalah hindari interaksi secara langsung seperti berpelukan, berjabat tangan, dan lain sebagainya.

Dengan menghindari kontak kulit dengan orang lain, maka Anda dapat mengurangi penyebaran virus corona.

6. Hindari Berbagi Barang Pribadi

Barang pribadi milik orang lain dapat saja meningkatkan risiko penularan virus corona. Sebab meskipun tidak nampak gejala, virus ini dapat menginfeksi tubuh manusia hingga berstatus sebagai silent carrier yang membawa dan menularkan virus corona covid-19 kepada orang lain.

Maka dari itu, selalu gunakan barang sendiri dan hindari untuk meminjam barang pada orang lain. Hal tersebut merupakan langkah yang dapat dilakukan untuk menekan laju penyebaran virus corona yang berbahaya.

7. Social Distancing

Social atau physical distancing adalah salah satu imbauan yang sering digemakan oleh berbagai pihak. Sebab, dengan menjaga jarak antara satu sama lain dipercaya dapat mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Selalu perhatikan jarak fisik dengan orang lain yakni minimal 1 meter. Langkah ini dapat diterapkan saat berada di tempat umum ataupun saat di luar rumah guna menangkal virus masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

8. Cuci Bahan Makanan

Cuci selalu bahan makanan yang diperoleh sebelum mengolahnya. Sebab, pada bahan makanan selalu saja terdapat kemungkinan adanya kuman, bakteri, hingga virus corona.

Anda dapat mencuci bahan makanan sebelum disimpan di dalam lemari pendingin dengan menggunakan larutan hidrogen peroksida ataupun cuka yang dapat membunuh bakteri, kuman, dan virus dengan cukup efektif.

9. Bersihkan Perabot Rumah

Virus corona dapat menempel pada permukaan benda yang sering terjadi interaksi. Maka dari itu, bersihkan selalu perabotan rumah secara rutin.

Bila perlu, semprotkan cairan disinfektan setiap pagi dan sore hari yakni sebelum dan setelah beraktivitas guna membunuh virus corona.

10. Tingkatkan Imun Tubuh

Tidak hanya melakukan tindakan pencegahan di luar jaringan tubuh, namun Anda juga perlu melakukan tindakan pencegahan dari dalam tubuh.

Caranya adalah dengan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai virus termasuk virus corona covid-19. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin dan mengonsumsi makanan sehat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Takut Terjangkit Virus Corona?

Liputan6 bersama Klikdokter Menyediakan Fasilitas Cek Risiko Virus Corona Online

Yuk Cek Sekarang