Sukses

Resmi! Hyundai Mobility Exhibition Center Sudah Ada di Museum Transportasi TMII

Hyundai Motor Company meresmikan Hyundai Mobility Exhibition Center yang berlokasi di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Liputan6.com, Jakarta Hyundai Motor Company meresmikan Hyundai Mobility Exhibition Center yang berlokasi di Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Peresmian pusat pameran ini diresmikan secara langsung oleh President of Hyundai Motor Asia Pacific Headquarters Young-tack Lee dan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi, Jum'at (25/11/2022).

Melalui pembangunan Mobility Center, Hyundai ingin menunjukkan komitmen jangka panjangnya dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

Hyundai Mobility Center merupakan hasil kerja sama Hyundai dengan Kementerian Perhubungan RI. Dalam pusat pameran ini, ditampilkan pula beberapa konsep mobilitas masa depan dari Hyundai untuk mendukung ekosistem kota modern di Indonesia.

Menurut President of Hyundai Motor Asia Pacific Headquarters Young-tack Lee, Indonesia merupakan pusat dari strategi mobilitas masa depan Hyundai Motor.

Dengan adanya pusat pameran ini, menurutnya akan semakin mendukung Indonesia untuk memainkan peran penting dalam lanskap global, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

“Kami berharap teknologi baru yang diusung Hyundai di masa mendatang akan menjadi fondasi untuk kolaborasi yang jauh lebih besar antara Hyundai dan Indonesia," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keniscayaan Masa Depan

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa kendaraan listrik merupakan suatu keniscayaan yang akan menjadi kendaraan masa depan.

Menurutnya kehadiran kendaraan listrik di Museum Transportasi ini menjadi salah satu wujud nyata pemerintah bersama pelaku industri otomotif dalam mewujudkan transisi energi menuju energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

"Apa yang menjadi gerakan kendaraan listrik adalah sesuatu kegiatan yang komprehensif. Ini merupakan salah satu cara bagaimana kita memperbaiki lingkungan hidup dan menghemat bahan bakar fosil," katanya.

Menhub RI Budi Karya Sumadi juga mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Hyundai Motor Company. Ia pun berharap, dengan adanya Mobility Center ini bisa menjadi sarana edukasi untuk masyarakat.

"Saya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Hyundai. Saya ingin katakan bahwa Presiden Jokowi telah sepakat bahwa memiliki industri kendaraan listrik merupakan suatu keniscayaan dan Hyundai telah memulainya. Kami sangat mengapresiasi," ujarnya.

Dengan adanya etalase tentang kendaraan masa depan ini juga diharapkan mendukung promosi Museum Transportasi yang lebih atraktif, inovatif, informatif dan edukatif, serta mendorong masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik.

"Kami ingin memberikan values kepada masyarakat. Pertama dengan adanya pusat pameran ini, kami semua harus konsisten terhadap visi dan misi yang dituju. Kedua, bisa menjadi sarana belajar bagi masyarakat. Dan ketiga, bisa menjadi sebuah learning center yang edukatif," jelas Budi Karya.

Hyundai Mobility Exhibition Center diharapkan dapat membangun minat dan rasa ingin tahu anak-anak sebagai generasi masa depan, untuk memiliki visi transportasi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

3 dari 4 halaman

Wujud Komitmen Hyundai

Sejalan dengan visi Hyundai 'Progress for Humanity’, tujuan Hyundai Motor Company mendirikan Hyundai Mobility Exhibition Center adalah untuk menunjukkan komitmen Hyundai yang tidak terbatas hanya sebagai penyedia kendaraan, tetapi juga membangun teknologi untuk mobilitas yang bersih dan masa depan yang lebih baik bagi umat manusia dengan berpikir selangkah lebih maju.

Hyundai Mobility Exhibition Center menampilkan konsep untuk merasakan masa depan yang diharapkan akan dikembangkan oleh Hyundai Motor Company di Indonesia, seperti Purpose Built Vehicle (PBV), Advanced Air Mobility (AAM) dan hub mock-up, serta berbagai video mobilitas masa depan di dalam museum.

Purpose-Built Vehicle (PBV) adalah kendaraan perkotaan ramah lingkungan yang dapat disesuaikan dan digunakan di kota-kota masa depan untuk gaya hidup yang beragam.

Sedangkan Advanced Air Mobility (AAM) adalah bentuk mobilitas baru yang memanfaatkan ruang udara untuk mengurangi waktu transit secara drastis. AAM terdiri dari taksi udara, sementara PBV menjelajahi daerah perkotaan secara mandiri, dan hub multifungsi menghubungkan perjalanan udara dan darat.

4 dari 4 halaman

Tampilkan Kendaraan Masa Depan

Hyundai Mobility Exhibition Center ini menampilkan beberapa kendaraan futuristik Hyundai. Seperti Advanced Air Mobility (AAM), Purpose-Built Vehicle (PBV), dan hub untuk Indonesia. Berbagai kendaraan tersebut merupakan kendaraan perkotaan yang ramah lingkungan dan dapat digunakan di berbagai kota masa depan serta hub mockup yang jadi pusat beroperasinya kendaraan-kendaraan masa depan.

Selain itu, ditampilkan pula mobil IONIQ5 pertama yang diproduksi di Indonesia dan ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk ditampilkan dalam pusat pameran ini. Mobil tersebut juga merupakan bentuk hibah dari Hyundai untuk pemerintah Indonesia.

Dalam acara persemian Hyundai Mobility Exhibition Center ini juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Kemenhub Novie Riyanto, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan Djoko Sasono, Kepala Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) Ahmad Yani, serta jajaran Kemenhub dan Hyundai Motor.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.