Sukses

Uji Tabrak Hyundai Ioniq 6 Dapat Bintang 5

Mobil listrik Hyundai Ioniq 6 telah dilakukan uji tabrak oleh Euro NCAP. Hasilnya, mobil listrik terbaru dari pabrikan asal Korea Selatan ini, mendapatkan peringkat kemanan tertinggi atau meraih bintang lima.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik Hyundai Ioniq 6 telah dilakukan uji tabrak oleh Euro NCAP. Hasilnya,mobil listrik terbaru dari pabrikan asal Korea Selatan ini, mendapatkan peringkat kemanan tertinggi atau meraih bintang lima dalam pengujian tersebut.

Disitat dari Yonhap, ditulis Minggu (20/11/2022), Hyundai Ioniq 6 telah diuji keamananannya dalam empat kategori.

Keempat aspek yang dinilai tersebut, adalah meliputi keselamatan penumpang dewasa, keselamatan anak-anak di kursi belakang, sistem bantuan keselamatan, dan keselamatan pejalan kaki dan sepeda di jalan.

Hyundai Ioniq 6, merupakan model kedua yang menggunakan platform modular global-listrik khusus kendaraan ramah lingkungan milik Hyundai Motor Group.

Spesifikasinya, Hyundai ioniq 6 memiliki satu motor yang terpasang di belakang, yang bisa menghasilkan 225 tk dan torsi 258 lb-ft. Mesinnya juga dilengkapi pengaturan dual-motor yang meningkatkan kemampuan hingga 320 tk dan torsi maksimum 446 lb-ft.

Selain itu, Hyundai Ioniq 6 dilengkapi paket baterai 77,4 kWh. Pabrikan Negeri Ginseng ini mengklaim mobil listrik ini bisa menempuh jarak hingga 547 km, namun pada motor ganda hanya mencapai 498 km sekali isi daya penuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Toyota bZ4X Dapat Bintang Lima Uji Tabrak Euro NCAP

Hasil memuaskan didapatkan oleh mobil listrik Toyota bZ4X saat diuji tabrak oleh Euro NCAP. Model kendaraan ramah lingkungan asal Jepang ini, berhasil meraih rating tertinggi, bintang lima.

Disitat dari laman resmi Euro NCAP, Toyota bZ4X yang diuji tabrak, merupakan model produksi 2022, dengan bentuk SUV 5 pintu, berat 2.060 kg, dan dikategorikan sebagai small off-road vehicle.

Detail hasil uji tabrak Toyota bZ4X, adalah perlindungan penumpang dewasa sebesar 88 persen, perlindungan penumpang anak kecil 87 persen, perlindungan pejalan kaki 79 persen, dan fitur bantuan keselamatan 91 persen.

"Para produsen ingin mencapai nilai bagus dalam tes tahun ini, karena protokol tahun depan menjadi lebih ketat, dan memberi tantangan lebih untuk pengembangan kendaraan," ujar Secretary General Euro NCAP, Michiel Van Ratingen, dalam keterangan resmi.

Sementara itu, Euro NCAP hanya melakukan pengujian kepada Toyota bZ4X, namun rating keselamatan bintang lima juga diberikan kepada saudara kembar mobil listrik tersebut, yaitu Subaru Solterra.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.