Sukses

Jajal Fitur Advanced Park Toyota bZ4x, Cuma Semenit Bisa Terparkir Rapi

Baru-baru ini PT Toyota Astra Motor (TAM) memberi kesempatan media massa nasional, termasuk Liputan6.com, untuk menjajal mobil listrik Toyota bZ4x di kawasan BSD City, Tangerang, Banten.

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini PT Toyota Astra Motor (TAM) memberi kesempatan media massa nasional, termasuk Liputan6.com, untuk menjajal mobil listrik Toyota bZ4x di kawasan BSD City, Tangerang, Banten.

Secara tampilan, bZ4x tampak tampan dan gagah dengan pelek 18 inci. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.600 mm. Sedangkan wheelbase-nya 2850 mm.

 

Saat memasuki kabin dan duduk di joknya yang empuk, kami langsung disajikan kokpit yang penuh tombol baik pada lingkar kemudi maupun di konsol tengah.

Ruang kemudi bZ4x cukup lega untuk kami yang memiliki tinggi 175 cm. Dalam mencari posisi berkendara yang nyaman, sangat mudah karena dibantu jok elektrik dan juga fitur tilt & telescopic steering yang dioperasikan manual.

 

Tak pakai berlama-lama, kami langsung menjajal mobil seharga Rp 1,190 miliar on the road (OTR) Jakarta tersebut. Tarikan instan dan senyap khas kendaraan listrik dapat dirasakan pada mobil ini.

Namun saat ingin berbelok ada yang beda dari mobil Toyota pada umumnya, khususnya yang dijual di Indonesia. Pasalnya, saat ingin mengaktifkan lampu sein, tuasnya berada di kiri, sedangkan tuas wiper di sebelah kanan.

Posisi seperti ini umum ditemui pada mobil Eropa. Tentu saja ini membutuhkan penyesuaian bagi yang sehari-hari beraktivitas menggunakan mobil keluaran Jepang yang tuas sein ada di kanan.

 

Untuk diketahui, bZ4x dibekali baterai lithium ion 71,4 kWh yang saat terisi penuh mampu menggerakkan mobil ini hingga jarak 500 kilometer. Asyiknya lagi, mobil ini dibekali teknologi KERS alias Kinetic Energy Recovery System.

Dengan fitur ini, pengisian ulang baterai dapat dilakukan saat mobil melaju berkat sistem regeneratif. Daya akan terisi secara mandiri saat deselerasi dan melakukan pengereman. Untuk mengaktifkan fitur ini cukup tekan tombol dengan simbol sepatu dipadu anak panah pada konsol tengah.

Meski tak sempat berkendara dengan kecepatan tinggi, namun untuk menyentuh angka 120 km/jam tidak lah lama mengingat mobil listrik ini memiliki tenaga 204 PS dengan torsi 266,3 Nm.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jajal Fitur Parkir Otomatis

Sayangnya, saat asyik melaju di jalanan BSD City, tiba-tiba hujan sangat lebat mengguyur hingga membuat visibilitas agak terganggu. Kami pun memutuskan untuk kembali titik awal di QBig.

Di sini kami memilih untuk mencoba fitur Advanced Park atau parkir otomatis. Fitur ini dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun.

Cara pengoperasiannya pun sangat mudah. Langkah pertama, cari lokasi parkir yang kosong dan pastikan garis tempat parkir terlihat jelas dan bebas dari benda apapun.

Jika sudah menemukan lokasi yang pas, tekan tombol dengan gambar setir dan P. Tombol itu berada di konsol tengah sebelah kiri. Setelah itu, layar pada headunit akan memberikan pilihan, untuk parkir seri atau paralel.

Jika sudah dipilih, tekan start. Mobil akan otomatis parkir sendiri tanpa kita kendalikan. Gas dan putaran setir hingga perpindahan transmisi dilakukan otomatis. Waktu yang diutuhkan untuk parkir sempurna tidak pakai lama. Saat kami praktikan cuma 1 menit.

Perlu diketahui, Toyota bZ4x yang diniagakan di Indonesia berbasis model front wheel drive (FWD) alias penggerak roda depan. Mobil ini juga dilengkapi dengan panoramic roof dan juga wireless charging di konsol tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini