Sukses

Jangan Lupakan Perawatan Kampas Kopling Sepeda Motor, Perhatikan 4 Hal Berikut Ini

Salah satu komponen yang penting di sepeda motor, adalah kampas kopling

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu komponen yang penting di sepeda motor, adalah kampas kopling. Berfungsi penting untuk penghubung putaran mesin ke gigi transmisi, sehingga harus dilakukan perawatan agar tidak bermasalah.

Jika kampas kopling rusak, maka akan mengganggu fungsinya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tanda-tanda kampas kopling harus diganti, seperti terjadi slip saat perpindahan gigi dan motor menjadi tidak bertenaga.

Berikut, tips untuk perawatan kampas kopling sepeda motor, yang diuraikan oleh diler Yamaha:

1.Gaya berkendara

Pada saat stop n go jaga putaran mesin atau rpm tidak boleh terlalu tinggi, karena akan mengakibatkan gesekan pada kampas kopling akan semakin besar.

2.Jangan terlalu sering menahan setengah kopling

Pada saat mengendarai sepeda motor, apabila ingin mencapai di kecepatan tertentu jangan terlalu sering menahan setengah kopling, karena bisa mengakibatkan gesekan semakin besar juga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips selanjutnya

3.Settingan kopling

Saat melakukan setting kopling sepeda motor, disarankan untuk tidak terlalu jauh gap antara handle dan tuas sepeda motor.

4.Rutin mengganti oli dan filter

Karena kopling sepeda motor terletak di dalam mesin dimana oli mesin ikut melumasi komponen kopling, apabila kualitas oli mesin sudah kurang baik disarankan untuk segera mengganti oli serta filternya, agar fungsi pelumas bekerja maksimal untuk mengurangi gesekan dan memperpanjang umur dari kampas kopling. Dianjurkan juga untuk menggunakan oli standar dari tipe motor masing masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.