Sukses

Menteri Erick dan Bahlil Kompak Tumpangi Lexus UX300e di KTT G20 Bali

Mobil listrik yang menjadi official car partner KTT G20 di Bali mulai beroperasi. Salah satu yang digunakan untuk mendukung mobilitas para delegasi internasional dan Pemerintah Indonesia adalah Lexus UX300e.

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik yang menjadi official car partner KTT G20 di Bali mulai beroperasi sejak akhir pekan kemarin. Salah satu yang digunakan untuk mendukung mobilitas para delegasi internasional dan Pemerintah Indonesia adalah Lexus UX300e.

Beberapa pejabat RI nampak menumpangi mobil listrik yang didatangkan langsung dari Jepang tersebut. Adalah Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia yang menggunakan Lexus UX300e menuju Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Senin (14/11/2022).

 

 

Saat itu, keduanya akan menghadiri B20 Summit yang merupakan salah satu forum dialog resmi bagian dari KTT G20 di bawah Sherpa Track atau Jalur Sherpa.

Sebagai official car partner KTT G20, PT Toyota-Astra Motor (TAM) tak cuma menurunkan Lexus UX300e, tetapi juga Toyota bZ4X yang baru-baru ini resmi diluncurkan di Indonesia. Sedikitnya ada 143 unit yang digunakan, terdiri dari 41 Toyota bZ4X dan 102 Lexus UX 300e.

Vice President PT TAM Henry Tanoto beberapa waktu lalu menyebutkan, pemilihan Lexus UX-300e dan Toyota bZ4x merupakan bagian dari strategi global dan bentuk komitmen Toyota Group menghadirkan pengalaman mobilitas terbaik bagi para delegasi.

"Tidak hanya mendukung kelancaran mobilitas peserta konferensi, kehadiran Toyota BZ4X dan Lexus UX 300e ini diharapkan akan menjadi simbol komitmen Indonesia dalam mengurangi emisi karbon menuju era Carbon Neutrality pada 2060," katanya.

Terkait Lexus UX 300e, SUV listrik ini telah meluncur di Indonesia sejak November 2020. Saat itu, banderolnya Rp 1,245 miliar on the road (OTR) Jakarta.

Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion, dengan motor listrik berkapasitas 54,35 kWh yang dapat menghasilkan tenaga 201 Tk dan torsi 300Nm.

Jarak tempuh Lexus UX 300e bisa diklaim bisa mencapai 300km untuk sekali pengisian daya listrik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengisian Baterai

Disebutkan, setiap pembelian mobil sudah termasuk AC Wall Charger yang dapat dapat dipasang di lokasi sesuai keinginan pelanggan, selain itu konsumen juga mendapatkan Household Socket Charging Cable yang dapat digunakan di stop kontak dinding standar.

Selain mengisi daya di rumah, Lexus UX 300e juga bisa mengisi daya baterai di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang telah disediakan oleh PT PLN.

Durasi pengisian akan tergantung pada suhu baterai, riwayat penggunaan, pengisi daya, dan voltase listrik. Berdasarkan uji coba yang dilakukan Lexus, pengisian daya baterai sampai penuh dengan menggunakan Household Socket Charging Cable bisa memakan waktu kurang lebih 24 Jam.

Jika mengisi Lexus UX 300e menggunakan AC Wall Charger yang disediakan oleh Lexus hanya membutuhkan kurang lebih lima sampai enam jam. Apabila pengisian lebih cepat perlu dilakukan, mengisi daya baterai di SPKLU membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit menggunakan DC Fast Charging.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini