Sukses

Menguak Arti bZ4X di Mobil Listrik Baterai Pertama Toyota

All new Toyota bZ4X sendiri merupakan model pertama dari keluarga bZ.

Liputan6.com, Jakarta - Toyota turut bertarung di segmen mobil listrik baterai Indonesia dengan menghadirkan bZ4X. Kendaraan ramah lingkungan ini, didatangkan secara utuh alias completely built-up (CBU) dari Jepang, dengan banderol Rp 1,19 miliar on the road (OTR) Jakarta.

All new Toyota bZ4X sendiri merupakan model pertama dari keluarga bZ, dan menyusul model-model listrik lainnya dari line-up tersebut.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM menjelaskan, arti bZ sendiri adalah beyond zero, yaitu adalah line up fully electric car atau BEV yang dirilis Toyota.

"Dan ke depan akan hadir lagi bZ-bZ lainnya di global dan di Indonesia. Toyota bZ4X sendiri adalah yang pertama di dunia dan Indonesia," ujar Anton, di sela-sela peluncuran all new bZ4X di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

Sementara itu, disitat dari laman Insodeevs, angka 4 dari bZ4X sendiri memiliki arti yang berhubungan dengan dimensi. Maksudnya, mobil listrik baterai ini memiliki dimensi yang kurang lebih sama sengan RAV4.

Sedangkan huruf X, merujuk gaya dari mobil listrik baterai ini adalah sebuah crossover.

"bZ adalah komitmen Toyota untuk memberikan suatu activity hub, suatu lifestyle baru, di mana kita masuk era elektrifikasi. Jadi mobil tidak hanya bergerak dari titik A ke titik B. Tapi juga memberikan lifestyle dan renewable energy," tegas Anton.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasi

Berbicara spesifikasi canggih dari Toyota bZ4X, model ini dibangun dari basis platform e-TNGA yang merupakan perbaikan dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, platform ini dioptimalkan, dan didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle.

Salah satu kelebihan platform ini, adalah unit baterai ramping terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari chassis sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan dan belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.

Sementara itu, model ini dilengkapi dengan Lithium-ion Battery yang memiliki kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.