Sukses

Dikirim Desember 2022, Stok Toyota bZ4X Sangat Terbatas hingga Akhir Tahun

Mobil listrik baterai pertama Toyota untuk pasar Indonesia, bZ4X telah resmi diluncurkan, Kamis (10/11/2022)

Liputan6.com, Jakarta - Mobil listrik baterai pertama Toyota untuk pasar Indonesia, bZ4X telah resmi diluncurkan, Kamis (10/11/2022). Model ini sendiri, didatangkan secara langsung atau CBU dari Jepang.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT TAM mengatakan, terkait stok atau unit bZ4X yang akan tersedia hingga akhir 2022 akan sangat terbatas, hanya sebanyak puluhan unit saja.

"Sebagian dipinjamkan untuK G20, sekitar 41 unit yang terpakai. Sisanya tidak banyak. Kira-kira 50 sampai 60 unit, karena kan tinggal dua bulan lagi," tegas Anton di sela-sela peluncuran all new Toyota bZ4x, di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

Sementara itu, untuk pengiriman Toyota bZ4X kepada konsumen, ditargetkan bisa dilakukan pada Desember 2022. Sedangkan untuk unit bekas KTT G20 juga akan ditawarkan kepada calon konsumen.

"Kami belum bisa ngomong inden (berapa lama), kan belum tahu ordernya ada berapa dan lain-lain. Namun perkiraan kami, akan inden panjang 2 sampai 3 hari ini saja," tegasnya.

Toyota bZ4X merupakan mobil listrik jenis Battery Electric Vehicle (BEV) pertama dari Toyota, yang resmi dipasarkan secara global pada pertengahan 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Kendaraan

Berbicara spesifikasi canggih dari Toyota bZ4X, model ini dibangun dari basis platform e-TNGA yang merupakan perbaikan dari Toyota New Global Architecture (TNGA). Namun, platform ini dioptimalkan, dan didedikasikan untuk Battery Electric Vehicle.

Salah satu kelebihan platform ini, adalah unit baterai ramping terletak sepenuhnya di bawah lantai kendaraan sebagai bagian integral dari chassis sehingga membantu mendapatkan pusat gravitasi rendah, keseimbangan bobot depan dan belakang ideal, dan rigidity bodi tinggi.

Sementara itu, model ini dilengkapi dengan Lithium-ion Battery yang memiliki kapasitas 71,4 kWh yang sejak terisi penuh, baterai ini memiliki jarak tempuh hingga 500 km tanpa menghasilkan emisi sama sekali.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, dengan penggunaan platform e-TNGA, baterai bZ4X bisa diintegrasikan ke dalam sasis, sehingga aman dari benturan dari berbagai sisi.

"Water cooling system yang menyatu dengan sistem AC mobil dimanfaatkan untuk menstabilkan suhu baterai setelah penggunaan yang ekstensif demi menjaga performa dan keamanan baterai," ungkap Anton, di sela-sela peluncuran all new Toyota bZ4X, di Raffles Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (10/11/2022).

Masuk ke dalam kabin, tema interior all new Toyota bZ4X adalah kenyamanan dan kelapangan, yang memberikan suasana kabin ala living room. Dipadukan dengan layar sentuh 12,3 inch terbesar di mobil Toyota dengan menu navigasi disertai fitur konektivitas lengkap ke smartphone.

Selain itu, untuk pertama kalinya di mobil listrik di Indonesia, terdapat pula fitur canggih Advanced Park yang dirancang untuk membantu pengemudi ketika parkir paralel atau parkir mundur tanpa perlu menggerakkan kemudi sedikitpun.

Sebagai sebuah mobil yang canggih, all new Toyota bZ4X memanfaatkan fitur safety aktif yang paling canggih demi melindungi pengendara serta pengguna jalan lainnya, yakni Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

Disematkan pula fitur telematika canggih T Intouch. Yaitu teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui mTOYOTA.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.