Sukses

Puluhan Mobil Listrik Touring dari Jakarta ke Bali, Mau Ngapain?

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melepas sekitar 20 mobil listrik untuk mengikuti touring dari Jakarta ke Bali

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi melepas sekitar 20 mobil listrik untuk mengikuti touring dari Jakarta ke Bali. Kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), melalu Ditjen Perhubungan Darat ini dilakukan untuk mengampanyekan dan mengenalkan kendaraan listrik ke masyarakat.

Melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan mobil listrik ini, merupakan kali kedua setelah sebelumnya dilakukan pada awal 2022, dengan rute Jakarta ke Jambi.

"Saya minta para peserta touring nantinya dapat menceritakan pengalamannya menggunakan kendaraan listrik. Apa manfaatnya, keuntungannya, dan bagaimana masa depannya, agar diceritakan apa adanya," ujar Budi, saat acara pelepasan 20 mobil listrik touring Jakarta-Bali, di Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (7/11/2022).

"Ini akan menarik minat masyarakat untuk mengenal kendaraan listrik," tegas Menhub.

Menhub juga menyampaikan apresiasi kepada sejumlah produsen otomotif, komunitas, pemerintah daerah, serta pihak terkait lainnya yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan touring ini.

Touring ini akan berlangsung selama 5 hari, melewati rute Jakarta – Cirebon – Semarang – Surakarta – Surabaya – Jember – Bali sepanjang 1.250 km. Dalam perjalanannya, peserta touring akan singgah di beberapa kota, dan melakukan sosialisasi keselamatan berkendara di antaranya di kota Surakarta dan Jember.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta touring

Saat finis di Pulau Dewata, pada 11 November 2022, kegiatan akan dilanjutkan dengan pameran kendaraan listrik dengan memanfaatkan momen Presidensi Indonesia dalam G20. Hal tersebut sebagai wujud komitmen dukungan Indonesia terhadap dekarbonisasi sektor transportasi, dan transisi energi berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Touring diikuti 20 unit kendaraan yang berasal dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, PT PLN (Persero), PT Hyundai Motor Indonesia, PT Nissan Motor Distributor Indonesia, PT Toyota Astra Motor, PT Sokonindo Automobile (DFSK), PT SGMW Motors Indonesia (Wuling), PT Blue Bird Tbk, PT Sinar Armada Globalindo, serta PT Mobilindo Armada Cemerlang (Zhongtong).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.