Sukses

Honda Prospect Motor Siap Jual 2 Mobil Hybrid pada 2023

Segmen kendaraan elektrifikasi, baik hybrid, plug-in hybrid, dan juga listrik murni semakin berkembang pesat di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Segmen kendaraan elektrifikasi, baik hybrid, plug-in hybrid, dan juga listrik murni semakin berkembang pesat di Indonesia. Terbaru, Wuling sudah menghadirkan Almaz hybrid dan dalam waktu dekat, Toyota juga siap memperkenalkan Innova hybrid, dan juga bZ4X sebagai mobil bertenaga baterai.

Tak mau kalah dengan para kompetitornya, PT Honda Prospect Motor (HPM) juga akan membawa dua model hybrid pada 2023. Namun, jenama berlambang huruf H ini, masih sangat merahasiakan mobil yang akan dibawa tahun depan.

"Kita tahun depan 2 model hybrid. Kita pasti meluncurkan 1 segmen yang memang digemari konsumen, dan kita selalu menyediakan yang dibutuhkan," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM, saat ditemui di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (7/11/2022).

Lanjut pria yang akrab disapa Billy ini, untuk model hybrid maupun listrik baterai saat ini memang masih terkendala dengan harga yang cukup mahal. Sehingga, saat ini pihaknya masih menggodok, segmen dan rentang banderol untuk model ramah lingkungannya tersebut.

"Pesannya, kita varian hybrid tahun depan diluncurkan, dan tahun-tahun berikutnya produksi lokal. Kita harus komitmen ke pemerintah, semua net zero emission 2060, dan Honda sendiri 2050, termasuk aktivitas perusahaan, dan 2040 produknya," tegas Billy.

Sementara itu, jika memang Honda ingin menghadirkan varian hybrid yang menjadi model digemari masyarakat, dan sesuai kebutuhan, kemungkinan besar adalah segmen SUV hybrid. Namun, terkait hal tersebut, pria ramah ini juga belum memberikan informasi secara detail, hanya menegaskan pasar SUV saat ini terus mengalami peningkatan penjualan.

"SUV naik terus kan dibanding MPV. Intinya, kita selalu menyediakan sesuai dengan kebutuhan. Dari segmen, range harga, dan teknologinya. Harga, masih terus digodok," pugkas Billy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenal Cara Kerja Teknologi Hybrid Honda e:HEV

Honda memanfaatkan ajang GIIAS 2022 untuk memamerkan visi elektrifikasi sekaligus memperkenalkan dua model e:HEV. Menurut Honda, teknologi hybrid pada model e:HEV menjadi jembatan transisi menuju elektrifikasi sepenuhnya.

“Bagi Honda, teknologi harus selalu mengikuti kebutuhan konsumen dan lingkungannya. Kami menilai bahwa teknologi hybrid merupakan jembatan yang tepat sebagai transisi dari teknologi mesin berbahan bakar minyak menuju elektrifikasi sepenuhnya, karena memberikan kesempatan bagi konsumen untuk mengenal dan membiasakan diri dengan teknologi baterai, ” ungkap Yusak Billy, Sales Marketing & Business Innovation Director PT Honda Prospect Motor .

Teknologi e:HEV merupakan sistem hybrid yang diklaim memberikan performa dan kenyamanan berkendara dari kecepatan rendah, menengah hingga maksimal. Teknologi e:HEV adalah sistem dengan tingkat kebebasan dimana kedua motor dan mesin dapat beroperasi secara independen.

Sistem e:HEV terdiri dari empat komponen utama, yaitu Atkinson Cycle Engine, Electronic CVT (e-CVT), Intelligent Power Unit, dan Power Control Unit. Atkinson Cycle Engine merupakan mesin Direct Injection, 4-cylinders DOHC i-VTEC yang menggunakan bahan bakar bensin.

Sistem e:HEV, mesin ini berfungsi untuk memberikan tenaga kepada motor generator sehingga dapat menghasilkan daya listrik untuk menggerakkan motor drive, memberikan tenaga langsung ke roda saat berkendara di kecepatan tinggi, dan mengisi daya baterai.

Putaran mesin kemudian diteruskan oleh motor generator yang berada di dalam e-CVT untuk menghasilkan daya listrik dengan efisiensi tinggi dan mengisi daya baterai. Sementara motor drive di dalam e-CVT berfungsi menyalurkan putaran ke roda dengan tenaga dan traksi yang tinggi, serta menghasilkan daya listrik saat deselerasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.