Sukses

BMW Indonesia Lelang The 8 X Jeff Koons Mulai dari Rp 9 Miliar

BMW Group Indonesia memajang The 8 X Jeff Koons di di Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) hingga 6 November 2022

Liputan6.com, Jakarta - BMW Group Indonesia memajang The 8 X Jeff Koons di di Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara) hingga 6 November 2022. Mobil ini merupakan hasil kolaborasi BMW dengan Jeff Koons menggunakan basis M850i ​​xDrive Gran Coupe.

Disebutkan, BMW edisi eksklusif ini hanya tersedia 99 unit di seluruh dunia dan Indonesia menerima jatah satu unit, dan satu-satunya di Asia Tenggara.

“Edisi BMW Seri 8 kolaborasi ini adalah kendaraan impian saya! Ini sangat istimewa bagi saya dan saya sudah lama ingin membuat BMW edisi khusus. Sporty dan mencolok serta minimalis dan konseptual. Saya tidak sabar untuk mengendarainya, dan saya berharap orang-orang akan menikmati Gran Coupe ini sama seperti saya,” ujar Jeff Koons.

BMW Seri 8 karya kolaborasi ini memiliki pola garis-garis lebar, dari kap mesin menuju bagasi, menciptakan kesan gerakan maju seperti yang dilakukan elemen desain 'POP!'.

“Warna birunya menyerupai luasnya angkasa dan saya menyukai gagasan bahwa kendaraan tersebut adalah sebuah kendaraan global. Yang penting adalah bagaimana kita berhubungan satu sama lain dan kesadaran kita akan segala sesuatu yang mengelilingi kita. Untuk pengemudi dan semua penumpang, ada kesenangan di level berbeda. Inilah yang ditawarkan kendaraan saya,” tambah Jeff.

Desain yang ekspresif dan mencolok menggabungkan sebelas warna eksterior yang berbeda mulai dari biru hingga silver serta dari kuning hingga hitam.

Hanya empat unit yang dicat setiap minggu. Interior multi-warna terdiri dari bahan yang sangat premium, leather yang halus, dan tutup cupholder dengan badge edisi dan tanda tangan sang seniman.

Kulit pelapis jok terbuat dari warna merah dan biru yang mencolok, cerminkan warna pahlawan super beriorientasi dari buku komik serta warna BMW M.

Secara keseluruhan, desain yang penuh semangat dan tangguh mencakup kedua elemen seni pop serta pola geometrisnya memberi kesan pada kontur dan bentuk rumit Gran Coupe Seri 8 yang sporti.

“Garis-garis warna yang meledak di bagian belakang, adalah penghormatan tanpa perantara kepada BMW Art Car 2010, sementara "POP!" di setiap sisi serta gambar uap melambangkan kekuatan dan kecepatan THE 8 X JEFF KOONS,” terang Jeff.

Lebih dari 200 jam pekerjaan manual dihabiskan oleh para profesional yang sangat terspesialisasi di pabrik BMW Group di Dingolfing dan Landshut khusus untuk pengecatan eksterior, di mana sampel warna sering diaplikasikan dengan kaca pembesar.

Ada beberapa elemen, seperti "Energik (Energetic)," "Menggoda (Tantalizing)," dan "Kuat (Strong)" adalah cara media internasional menggambarkan art car tersebut, menyusul publikasi studi desain pertama pada kesempatan pengumuman kerja sama pada awal September 2021 di museum Pinakothek der Moderne Munich.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Libatkan Banyak Desainer dan Mahar Tinggi

Puluhan insinyur dan desainer telah terlibat untuk memastikan visi kolaborasi BMW dan Jeff Koons ini menjadi kenyataan. Jeff Koons sendiri telah menghabiskan waktu berhari-hari di pabrik Dingolfing selama beberapa bulan untuk mendiskusikan pilihan desain dengan karyawan BMW yang terlibat.

Setiap unit The 8 X Jeff Koons dilengkapi dengan sertifikat format besar yang ditandatangani oleh Jeff Koons, dan j tanda tangan Oliver Zipse (Chairman of the Board of Management BMW AG), serta Vehicle Identification Number (VIN) pada masing-masing kendaraan.

Seniman itu juga mendesain pelapis dari Driver's Manual (Panduan Pengemudi). Satu tanda tangan tambahan dari seniman tersebut dimasukkan ke dalam panel cupholder. Koons sengaja memilih warna biru Bavaria dari logo BMW.

BMW 850i yang pertama adalah varian pertama dari Seri 8 yang diluncurkan pada tahun 1990 dan dirayakan sebagai awal perspektif baru kemajuan dalam otomotif yang canggih

Awalnya, The 8 X Jeff Koons akan dipajang untuk masyarakat umum di Manhattan's Rockefeller Plaza sebelum salah satu unit dari edisi tersebut, yang ditandatangani di bagian belakangnya oleh Jeff Koons, dilelang di Christie's di New York pada 4 April 2022.

Hasil penjualan dari tawaran tertinggi akan diberikan kepada International Center for Missing & Exploited Children (ICMEC). Jeff Koons telah terlibat secara pribadi dengan LSM nirlaba ini selama lebih dari dua dekade.

Setelah peluncuran perdananya, The 8 X Jeff Koons dipresentasikan di berbagai pameran seni dan acara di Eropa, Asia, dan Timur Tengah, termasuk Istanbul Contemporary, Paris Photo, Goodwood Festival of Speed, Art Dubai, West Bund Art & Design Fair Shanghai, Art Basel Hong Kong, dan di Museum MACAN, Indonesia.

Sebagai satu-satunya unit yang hadir di Indonesia ini juga akan dilelang dengan skema yang sama seperti pada peluncuran globalnya. The 8 X Jeff Koons akan dilelang dan sebagian dari hasil penjualan akan digunakan untuk kegiatan Corporate Sustainability Program.

“Belum pernah sebelumnya dalam sejarah sebuah BMW dibuat dengan visi desain yang luas seperti The 8 X Jeff Koons. Bagaikan sebuah 'patung bergerak' yang tidak hanya akan ditampilkan sebagai barang koleksi yang dipajang di museum tetapi juga berjalan dinamis sebagai kendaraan BMW,” ujar Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Di Indonesia The 8 X Jeff Koons ditawarkan melalui lelang dengan harga awal Rp 9.098.000.000 off the road dan lelang dimulai dari tanggal 30 Oktober 2022.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini