Sukses

Menerka Perbedaan Toyota Innova Baru dengan Model Lama

Akun Instagram resmi @toyotaid sudah mulai menyebarkan bagian wajah mobil terbarunya. Banyak yang menerka mobil tersebut adalah Toyota Innova terbaru.

Liputan6.com, Jakarta - Akun Instagram resmi @toyotaid sudah mulai menyebarkan bagian wajah mobil terbarunya. Banyak yang menerka mobil tersebut adalah Toyota Innova terbaru.

Hanya sebagian kecil mobil ini yang ditunjukkan. Lebih tepatnya grill depan, lampu utama, bentuk kap mesin dan sekilas terlihat atap barunya. Sisanya masih menjadi misteri, menyatu dengan kegelapan.

Meski hanya sedikit yang ditampilkan, beberapa aspek pada mobil ini terlihat mengalami perubahan. Setidaknya dapat ditebak seberapa besar pembaruan pada Innova generasi terbaru ini.

Perbandingan 

All New Innova memberi kesan yang lebih tangguh. Mobil ini sekilas terlihat sebagai penyempurnaan dari Innova reborn.

Lampu utama Innova terbaru terlihat mempunyai bentuk pipih yang serupa, namun mengaplikasi model berbeda. Innova lawas tersedia dengan bohlam biasa multi reflector atau projector LED dengan DRL.

Sementara Innova terbaru nampak hanya tersedia dengan tipe multireflector dengan bohlam LED di dalamnya. Bentuk lampu model terbaru ini juga mempunyai lengkungan kecil, berbeda dengan Innova reborn yang cenderung lebih lurus.

Detail Lain

Lalu grill depan All New Innova juga mengusung bentuk dasar yang serupa, mirip dengan bentuk trapesium sama kaki. Hanya saja pola di dalamnya berbeda, yakni berbentuk mesh di model terbaru, sedangkan model lama sebatas garis-garis saja.

Bagian lampu sein di Innova reborn juga berbeda dengan Innova hybrid. Area ini sebelumnya sebatas dipasangkan lampu sein berbentuk segitiga. Model terbaru Innova mengubah total area tersebut menjadi lebih besar dan diletakkan DRL garis lurus.

Area tersebut juga terlihat tersambung dari satu sisi ke sisi lainnya. Sementara garis tegak lurus di bagian itu belum diketahui fungsinya.

Ubahan serupa tapi tak sama juga terlihat pada bagian fender depan yang kini lebih menonjol, seperti adanya tarikan garis di kap mesin yang menyambung ke grill, serta pilar A yang sekilas tidak mengalami perubahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Lantaran hanya sebatas teaser, spesifikasi mobil ini masih menjadi teka-teki. Namun sejumlah situs luar negeri, khususnya di India, memprediksi Innova terbaru sudah tidak tersedia dengan varian diesel.

Salah satu MPV andalan Toyota ini akan disematkan mesin bensin 2.000cc naturally aspirated atau mesin 2.000cc hybrid. Opsi yang kedua dikabarkan sebagai pengganti model diesel, menjadi varian yang lebih mahal.

Informasi terkait mesin ini juga sangat terbatas. Paling mendekati adalah jantung pacu 2.000cc naturally aspirated M20A-FKS kepunyaan Toyota Voxy terbaru. Jeroan ini menghasilkan output 170 PS dan torsi 20.6 kgm.

Platform Baru

All New Toyota Innova juga dikabarkan akan menyandang platform berbeda. Lebih tepatnya sasis berbasis dari Toyota New Global Architecure (TNGA).

Penggunaan platform ini juga merubah sasis Innova menjadi monocoque dengan penggerak roda depan (FWD). Hal ini berbeda dengan Innova reborn yang menggunakan sasis ladder frame dan penggerak roda belakang (RWD).

Penggunaan sasis TNGA juga disesuaikan dengan mesin barunya yang berteknologi hybrid. Dengan demikian, mobil keluarga ini bisa lebih irit bahan bakar dan sekaligus mengurangi emisi gas buang.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.