Sukses

Tes Pasar Motor Listrik Yamaha E01 di Indonesia Dimulai, Ini Targetnya

Yamaha Indonesia memulai rangkaian program tes pasar bertajuk pada produk motor listrik Yamaha E01. Tes pasar ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan Yamaha dalam menghadirkan kendaraan listrik di pasar otomotif nasional.

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha Indonesia memulai rangkaian program tes pasar bertajuk pada produk motor listrik Yamaha E01. Tes pasar ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan Yamaha dalam menghadirkan kendaraan listrik di pasar otomotif nasional.

"Hari ini, kami memiliki E01 untuk di test ride, yang mengawali proyek Proof of Concept (PoC) untuk pasar Indonesia. Kami akan melihat sejauh mana motor konsep ini dapat diterima, dan apakah motor konsep ini sudah cukup baik dengan berbagai keunikannya dalam menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia," terang President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Minoru Morimoto di Pelangi Park, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/10/2022).

Rencananya, program PoC baru ini akan bergulir pada awal November 2022. Ada 20 unit tes yang disebar ke berbagai kota di Tanah Air seperti Jakarta, Bandung, Medan dan Bali. Yamaha menargetkan, motor ini dapat dites oleh 4.000 pengguna. Disebutkan, program ini bergulir selama satu tahun.

"Test market ini dibutuhkan karena kami melihat kondisi yang beragam di berbagai kota dan juga sifat pemakaiannya. Jadi motor listrik ini akan diuji dari segala aspek. Kami tidak mau saat nanti sudah diluncurkan motor ini berbeda atau tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Kami tidak ingin mengecewakan konsumen sehingga memerlukan testing yang jauh lebih lama," beber Dyonisius Beti Executive Vice President & COO PT YIMM.

Lebih lanjut Dyon menyampaikan, motor konsep Yamaha E01 sebenarnya sudah siap untuk dipasarkan karena telah memiliki sejumlah kriteria. Namun hal itu tidak serta-merta mendorong Yamaha Indonesia untuk segera memasarkan produk ini.

"Semua yang Yamaha Indonesia lakukan lebih hati-hati. Kami sebetulnya sudah siap (untuk memasarkan) karena model ini ready untuk dipakai karena sudah ada portable charging dan quick charging. Jadi sudah bisa dipasarkan sebenarnya," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Syarat peminjaman

Sekadar informasi, masyarakat umum dapat mencoba motor listrik ini dengan memenuhi beberapa persyaratan, seperti laki-laki atau perempuan berusia 17-60 tahun, SIM yang masih berlaku, dan memiliki rumah dengan kapasitas listrik minimal 2.200 watt untuk pengecasan portable dan minimal 3.500 watt untuk pengisian daya normal.

Untuk diketahui, unit tes Yamaha E01 hanya tersedia di dealer Flagship Shop (FSS) Yamaha. Oleh karenanya, salah satu persyaratan untuk bisa meminjam adalah jarak antara rumah peminjam berjarak 30 kilometer dari FSS Yamaha. Dan peminjaman ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Pendaftaran dilakukan secara online via link maupun QR code yang tersedia di diler Yamaha ataupun aplikasi My Yamaha Motor. Jika sudah mendapatkan balasan melalui email atau pesan WA, peserta dapat langsung datang ke Flagship Shop atau Sentral Yamaha untuk memenuhi persyaratan administrasi yang dibutuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.