Sukses

Cara Merawat Vespa Matik saat Musim Hujan, Jangan Sembarangan

Curah Hujan yang tinggi sudah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Curah Hujan yang tinggi sudah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Bagi pemilik sepeda motor, terutama skuter matik (skutik) seperti Vespa, diperlukan ekstra perawatan saat musim hujan seperti ini.

Terlebih, ketika hujan turun menimbulkan banjir di jalan, yang membuat roda dua kesayangan harus bekerja lebih ekstra, untuk menerjang genangan air.

Menurut Dennil Sagita, Founder dari Workshop Scooter VIP, agar kondisi skuter Vespa matik lebih awet, memang harus dilakukan perawatan yang lebih saat musim hujan.

"Pertama, Hindari genangan air yang terlalu tinggi. Perlu selalu perhatikan kondisi CVT Vespa apabila nekat melintasi genangan air karena lubang pernafasan CVT berada dibawah bodi motor," ujar Dennil, dalam keterangan resminya kepada Liputan6.com, Minggu (23/10/2022).

Tidak berbeda dengan kendaraan matik lainnya, Dennil menjelaskan jika air sudah masuk ke dalam CVT, maka kopling bisa mengalami slip dan alhasil mesin Vespa menjadi mati dan berkendala untuk dihidupkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Selanjutnya

Kedua, apabila vespa sudah terlanjur terkena air hujan yang memiliki berbagai kandungan zat, upayakan selalu membilas vespa dengan air biasa dan di lap kering.

Meskipun bodi vespa matik sudah di desain memiliki lapisan anti karat, namun tetap perlu adanya upaya untuk menghindari cat vespa menjadi kusam dan bisa menimbulkan korosi jika didiamkan terlalu lama.

Kemudian tips ketiga, adalah dengan rutin memanaskan vespa matik setiap pagi serta rutin melakukan servis agar kondisi vespa tetap fit. Perlu membersihkan CVT dan saringan udara secara rutin.

"Keempat, pastikan tekanan angin ban selalu terjaga agar tidak terlalu terik ataupun terlalu kendor," pungkas Dennil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.