Sukses

Vespa Matik Terpaksa Menerjang Banjir, Segera Cek 6 Komponen Ini

Memasuki musim hujan di beberapa wilayah Jabodetabek, menimbulkan genangan atau banjir di jalanan

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki musim hujan di beberapa wilayah Jabodetabek, menimbulkan genangan atau banjir di jalanan. Jika sudah begitu, pastinya menyebabkan beberapa skuter yang tenggelam.

Bagi pengguna skuter, seperti Vespa matik, ada resiko yang kerap terjadi jika nekat memaksakan untuk menyalakan skuternya yaitu water hammer. Kondisi ini di mana ada air berlebih yang masuk ke ruang pembakaran. Resiko ini sangat fatal untuk mesin.

"Apabila sudah terjadi water hammer otomatis biaya perbaikan akan lebih mahal. Jadi ada baiknya untuk seluruh skuter yang terkena banjir agar langsung menuju bengkel agar mendapatkan penanganan dengan benar," terang Dennil Sagita Founder dari workshop Scooter VIP, kepada Liputan6.com, Jumat (21/10/2022).

Jika sudah terjadi water hammer, ada beberapa komponen yang harus diperiksa. Berikut detailnya:

1. Filter udara

Filter udara tugasnya adalah menyaring kotoran yang terbawa udara. Bila sudah terendam banjir otomatis filter udara akan menjadi rusak dan harus dilakukan pergantian.

2. Knalpot

Sebagai salah satu komponen utama kendaraan knalot ini sangat berpengaruh. Apabila knalpot sudah kemasukan air maka kinerja pembuangan akan terhambat.

3. CVT atau continously variable transmission

Air yang masuk akan mengganggu kinerja drive pulley dan driven pulley, sehingga tidak mau mentransfer tenaga mesin ke roda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Oli mesin

Oli yang bercampur air otomatis akan merusak jeroan mesin skuter, maka segera ganti. Nah bila sudah mengetahui informasi ini harus membawa skuter ke bengkel serta pastikan untuk beberapa komponen yang disebutkan harus dicek atau bisa kamu lakukan penggantian untuk lebih aman.

5. Aki

Aki merupakan bagian penting untuk kelistrikan dari skuter Anda, namun bila sudah kena banjir dan skuter Anda tenggelam ada dua kemungkinan untuk aki bisa digunakan dengan di charger terlebih dahulu atau Aki sudah mati dan harus segera dilakukan penggantian Aki.

6. Tangki Bensin

Beberapa kendaraan skuter ada yang tenggelam keseluruhan skuternya, bila ini terjadi pada skuter Anda, harap dilakukan pengecekan juga di tangki bensin Anda dan lebih baik bila dilakukan pengurasan tangki bensin sampai habis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.