Sukses

Toyota Indonesia Lempar Kode Hadirkan Vios Hybrid

Generasi keempat Toyota Vios akhirnya hadir di Indonesia. Sedan ini mempunyai spesifikasi mendasar sama seperti Toyota Yaris Ativ yang debut lebih dulu di Thailand pada Agustus lalu

Liputan6.com, Jakarta - Generasi keempat Toyota Vios akhirnya hadir di Indonesia. Sedan ini mempunyai spesifikasi mendasar sama seperti Toyota Yaris Ativ yang debut lebih dulu di Thailand pada Agustus lalu.

Vios terbaru berubah total dibanding model sebelumnya, dari luar hingga ke dalam. Salah satu ubahan utama pada All New Toyota Vios adalah berganti platform.

Sedan ini sekarang menggunakan sasis dari Daihatsu New Global Architecture (DNGA), mirip dengan All New Avanza-Xenia dan Raize-Rocky di Indonesia.

Dengan penggunaan sasis DNGA, All New Vios terbilang lebih fleksibel. Selain bisa berbagi suku cadang, mobil satu platform juga bisa mengadopsi teknologi yang lebih canggih. Misalnya drivetrain hybrid.

Teknologi serba ramah lingkungan ini terbilang cocok untuk negara-negara berkembang, lantaran menjembatani peralihan dari mesin konvensional ke era elektrifikasi.

Bahkan platform DNGA sendiri sudah digunakan untuk mobil hybrid, yakni Daihatsu Rocky e-Smart hybrid. SUV berbodi kompak ini mengusung jantung pacu 1.200cc tiga silender Atkinson-cycle berkode WA-VEX dengan tambahan motor listrik. Motor listriknya menghasilkan output 106 PS dan torsi 170 Nm.

Dengan platform baru Vios yang lebih fleksibel, menimbulkan pertanyaan, apakah kelak Vios akan tersedia dalam pilihan mesin hybrid? Pertanyaan ini kemudian dijawab langsung oleh Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director dari PT Toyota Astra Motor.

Anton memberi “kode keras” jika Vios ke depan bisa punya varian hybrid. Namun Toyota Indonesia sejauh ini masih menunggu jawaban dari prinsipal terkait model ramah lingkungan untuk Vios.

“Memang era kedepan ke arah elektrifikasi, jadi sangat setuju sekali (Vios varian hybrid). Kita juga sedang studi ke depannya dan kita terus minta ke prinsipal juga untuk introduce model-model hybrid, termasuk untuk Vios ini. Jadi kita sedang menunggu respons dan reply. Posisi saat ini masih menunggu,” tukas Anton.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur dan Harga

Toyota Vios generasi keempat sudah meninggalkan jejak lama dari Vios generasi ketiga. Mobil ini mempunyai desain serba modern, penuh dengan tarikan garis lancip di depan maupun di belakang.

Sementara bagian interiornya mengusung desain serba minimalis dan moderm, memberikan kesan mewah.

Beberapa fitur unggulan All New Toyota Vios termasuk lampu depan dan belakang LED, head unit baru dengan konektivitas melalui Apple CarPlay dan Android Auto, speedometer digital, rem parkir elektrik dan teknologi keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS).

Toyota Vios terbaru dibenamkan mesin 1.500cc naturally aspirated yang menyemburkan tenaga sebesar 105 hp dan torsi puncak 138 Nm. Seluruh tenaga mesin disalurkan ke roda depan (FWD) melalui girboks manual 5 percepatan atau CVT.

Sementara penggunaan platform DNGA terbarunya mengubah ukuran dimensi untuk Vios generasi keempat. Pasalnya sedan ini memiliki panjang 4.410mm, lebar 1.740 mm, dan tinggi 1.480 mm, dengan jarak sumbu roda (wheelbase) hingga 2.620 mm.

Untuk harga, All New Toyota Vios dijual mulai dari Rp 314,9 juta untuk tipe E, Rp 355,2 juta untuk varian G CVT dan tipe termahal Vios G CVT TSS dbanderoli Rp 368,4 juta.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.