Sukses

Perjalanan dan Visibilitas Terganggu Embun Pada Kaca Mobil? Usir dengan 4 Cara Ini!

Kaca mobil yang berembun dapat mengganggu visibilitas pengemudi.

Liputan6.com, Jakarta Saat berkendara, visibilitas sangatlah penting untuk dijaga. Apalagi ketika musim hujan melanda, bukan tidak mungkin kaca mobil akan tiba-tiba berembun.

Kondisi berembun tersebut seringkali terjadi saat malam hari yang di mana suhu saat malam hari lebih rendah dibandingkan saat siang hari. Perubahan suhu tersebut memengaruhi tiap bidang permukaan pada mobil, termasuk kaca mobil.

Ketika suhu dingin, kaca mobil akan dengan mudah berembun. Dan bagi pengemudi, embun sangat mengganggu visibilitas yang dapat memengaruhi jarak pandang. Jika tak segera diatasi, kondisi tersebut dapat membahayakan pengemudi dan penumpang di dalam mobil. Untuk itu, kalian bisa mengatasinya dengan cara di bawah ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

1. Pakai Fitur Defogger

Salah satu fitur yang terdapat pada mobil yang bisa kalian gunakan adalah fitur defrost atau defogger. Fitur ini bisa berguna untuk menghilangkan embun yang terdapat pada kaca mobil, entah di bagian depan atau belakang.

Jika embun pada kaca mobil terdapat di bagian depan, kalian bisa gunakan defrost, karena ventilasi tersebut terletak pada kedua sisi ujung dasbor. Dan jika embun terdapat pada kaca mobil bagian belakang, kalian bisa menggunakan fitur defogger untuk menghilangkannya.

2. Turunkan Suhu dalam Mobil

Salah satu faktor yang memunculkan embun adalah perbedaan temperatur antara di dalam dan luar mobil. Ketika itu terjadi, langkah mudah yang bisa kalian lakukan adalah menurunkan suhu di dalam mobil yang berguna untuk mengurangi kondensasi yang terjadi.

Kalian juga dapat mengatur suhu kipas dengan mengarahkannya ke yang paling tinggi agar sirkulasi udara bisa lebih maksimal. Tapi jangan lupa juga untuk menurunkan suhu mobil sampai yang paling rendah ya!

3. Resirkulasi Udara

Selain itu, kalian juga bisa menggunakan tombol resirkulasi yang ada pada mobil. Resirkulasi berfungsi memasukkan udara dari luar mobil dan menghembuskannya ke udara tersebut tanpa mengubah suhu.

Hal tersebut berguna untuk mencegah adanya perbedaan suhu yang muncul. Kalian bisa menggunakan cara ini sampai embun pada kaca mobil hilang ya, jangan keterusan!

4. Buka Jendela

Cara yang paling cepat dan mudah adalah dengan membuka jendela mobil. Kalian bisa membuka jendela dalam waktu singkat sampai embun pada kaca mobil menghilang. Selain bisa menghilangkan embun pada kaca mobil, cara ini juga bisa menghemat bahan bakar mobil kalian ya!

Nah, itu dia 4 cara yang bisa kalian lakukan jika ingin menghilangkan embun pada kaca mobil yang menganggu visibilitas selama perjalanan. Mudah diterapkan bukan?

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.