Sukses

Toyota Vios Resmi Meluncur, Versi Taksi Menyusul Belakangan?

PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah meluncurkan all new Toyota Vios generasi ke-4 yang dikembangkan dengan platform baru dan juga dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS).

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah meluncurkan all new Toyota Vios generasi ke-4 yang dikembangkan dengan platform baru dan juga dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense (TSS).

All New Vios hadir 3 pilihan varian ( E MT, G CVT, dan G TSS CVT) dengan lima (5) pilihan warna yaitu Platinum White Pearl, Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic.

Toyota Vios E MT dibanderol Rp314,9 juta (Spot Order), G CVT dibanderol Rp 355,2 juta, dan G TSS CVT dibanderol Rp368,4 juta berstatus on the road Jakarta. Perlu diketahui, terdapat penambahan Rp 1,5 juta untuk warna premium. 

Lantas apakah TAM akan menyediakan Toyota Limo yang biasanya digunakan untuk armada taksi? Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor pun angkat bicara.

" Tren taksi saat ini bukan sedan, jadi kita belum ada demand khusus Vios untuk armada taksi. Tapi ada permintaan dari konsumen fleet untuk Vios," ungkap Anton.

Menurut Anton, target marketnya sudah disesuaikan dengan varian yang ditawarkan saat ini. Varian E bertransmisi manual untuk konsumen fleet dari banking atau pemerintah. Sementara itu varian G menyasar konsumen end user, baik dari karyawan kelas middle management dan juga segmen entrepreneur. 

"Sedan tidak hanya masalah produk, tapi juga simbol status untuk pecinta sedan, dengan daya tarik ground clearance rendah sehingga stability lebih baik," pungkas Anton.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur Keselamatan Toyota Vios

All New Vios kini dilengkapi dengan teknologi keselamatan Toyota Safety Sense (TSS). TSS pada All New Vios terdiri atas 9 fitur safety.  Pre-Collision Warning and Braking Assist (PCWBA) adalah fitur pertama untuk mengurangi risiko menabrak kendaraan lain yang ada di depan dengan memberikan peringatan hingga pengereman, bahkan berhenti darurat jika dibutuhkan. Berikutnya adalah Pedal Misoperation Control (PMC) yang mengurangi potensi kecelakaan akibat kesalahan penerapan pedal gas dengan menyalakan alarm peringatan, melakukan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga sehingga laju mobil tertahan.

Ketiga adalah Lane Departure Warning (LDW) yang membaca marka jalan untuk selanjutnya memberikan alarm peringatan jika terjadi deviasi atau pergerakan mobil yang menjauh dari posisi seharusnya. Lane Departure Prevention (LDP) mencegah mobil pindah lajur di jalan dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus. Kelima, Auto High Beam (AHB) yang bekerja dengan menyalakan lampu jauh atau high beam untuk meningkatkan daya pandang pengemudi di malam hari dan mengembalikan ke lampu utama (low beam) ketika terdeteksi ada kendaraan di depan.

Fitur Blind Spot Monitoring (BSM) juga disematkan untuk dapat memberikan sinyal lewat grafis di kaca spion samping sebagai peringatan ketika ada mobil lain di area blind spot, sehingga pengemudi lebih waspada. Rear Cross Traffic Allert (RCTA) mendeteksi kendaraan atau obyek lain yang mendekat di belakang ketika parkir untuk selanjutnya memperingatkan pengemudi dengan suara dan konfirmasi visual.

Fitur Adaptive Cruise Control (ACC) dapat memantau keberadaan kendaraan lain di depan dan menjaga jarak aman dengannya sehingga sangat efektif ketika cruising di jalan tol. Terakhir, Front Departure Alert (FDA) memberikan peringatan suara ketika mobil di depan tiba-tiba mundur saat mengantri di jalan macet untuk mencegah tabrakan.

Selain TSS, All New Vios juga memiliki Safety features lainnya, mulai dari fitur rem ABS+EBD+BA yang dimaksimalkan oleh piringan cakram di seluruh roda. Terdapat pula Dual Airbags, Parking Sensors, Rear Parking Camera, Hill Start Assist (HSA), dan Vehicle Stability Control (VSC) pada semua grade All New Vios. Khusus untuk flagship All New Vios CVT TSS masih ditambahkan dengan Traction Control (TC) untuk membantu safety driving di jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.