Sukses

Bersiap Masuk Indonesia, Ini Modal Citroen e-C4 Buat Lawan Hyundai Ioniq 5

Citroen memutuskan kembali ke pasar otomotif Indonesia. Rencananya, ada beberapa model yang akan diboyong ke Tanah Air, mulai dari kelas entry level hingga mobil listrik

Liputan6.com, Jakarta - Citroen memutuskan kembali ke pasar otomotif Indonesia. Rencananya, ada beberapa model yang akan diboyong ke Tanah Air, mulai dari kelas entry level hingga mobil listrik.

Kategori yang terakhir merupakan suatu kejutan dari Citroen pada saat peresmiannya, Selasa (4/10/2022). Merek ini tidak hanya memboyong mobil penumpang konvensional, namun juga menghadirkan Electric Vehicle (EV) berupa Citroen e-C4 yang bisa menjadi penjegal Hyundai Ioniq 5.

Model tersebut berpotensi untuk dijual di Indonesia, sebagai salah satu komitmen Citroen untuk menghadirkan produk yang bervariasi dan ramah lingkungan. Untuk sementara, e-C4 sebatas sebagai product showcase.

Citroen e-C4 debut perdana di berbagai negara di Eropa pada tahun 2020. Model e-C4 tergolong sebagai generasi ketiga dari keluarga Citroen C4 dan menggunakan platform e-Common Modular Platform 1 (EMP1).

Citroen e-C4 pada dasarnya adalah varian elektrik dari Citroen C4 biasa. Pada generasi ketiga ini, C4 mengusung bodi SUV dengan atap coupe. Hal ini berbeda dengan desain C4 generasi kedua yang lebih menyerupai mobil hatchback.

Bentuk bodi coupe ini menawarkan desain serba modern dan stylish. Fascia depan tampil beda di mana ada banyak tarikan garis dan kombinasi warna. Sedangkan sektor buritan terlihat unik dengan lampu belakang LED bergaris terpisah.

Bagian interior mobil ini cenderung minimalis, dan mempunyai tarikan garis tegas serta lurus. Bentuk-bentuk bagian dasbor hingga speedometer minim lekukan, lebih mengotak dan terlihat tajam.

Desain bertema modern juga terlihat di konsol tengah. Mobil ini tidak menggunakan tuas transmisi konvensional, namun menggunakan tombol untuk berpindah gigi.

Ada pula head unit serba besar dengan beragam konektivitas dan speedometer digital yang menunjukkan berbagai informasi kendaraan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur dan Harga

Meski tampil futuristis, beberapa aspek Citroen e-C4 masih menggunakan gaya lama. Sebagai contoh adalah panel AC digital yang masih digabungkan dengan kenob putar. Lalu tombol-tombol di setir belum layar sentuh.

Layaknya mobil premium, Citroen e-C4 di Eropa dibekali berbagai teknologi keselamatan aktif. Sistem ini mengandalkan radar untuk mendeteksi dan mengurangi potensi terjadinya kecelakaan.

Sebagai contoh SUV ini telah dilengkapi Active Safety Brake, Highway Driving Assist, Park Assist, kamera 360, Traction Control dan Trailer Stability Control, Lane Departure Warning dan Lane Keep Assist, Fog Light Cornering Function, serta Blind Spot Monitoring.

Sementara fitur keselamatan lainnya mencakup airbags, ABS, EBD dan Hill Start Assist.

Citroen e-C4 dibekali baterai berukuran 50.0 kWh dengan motor listrik tunggal yang menghasilkan output 136 PS dan torsi 260 Nm. Seluruh tenaga mobil disalurkan ke roda depan (FWD) dan mobil ini diklaim bisa menjelajah sejauh 349 km.

Di Eropa, mobil ini juga tersedia dengan pilihan mesin bensin yang menghasilkan output 100-155 hp atau mesin diesel dengan semburan tenaga 110-130 hp. Kedua mesin ini sudah berstandar Euro 6.

SUV Coupe ini dijual dengan harga 30.895 GBP atau Rp 535,5 juta (dengan kurs 1 GBP = Rp 17.333,33).

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.