Sudah Tes Jalan, Yamaha XMax Baru Meluncur Sebentar Lagi di Indonesia?

Oleh Arief Aszhari pada 04 Okt 2022, 14:03 WIB
Diperbarui 04 Okt 2022, 14:03 WIB
New Yamaha XMAX
Perbesar
New Yamaha XMAX terciduk sedang tes jalan di Eropa (rideapart.com)

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha XMax menjadi salah satu model andalan dari pabrikan asal Jepang di Indonesia, khususnya di segmen skuter matik (skutik) maxi di Tanah Air. Namun, roda dua berkapasitas mesin 250cc ini, sudah lama tidak mengalami pembaruan, dan hanya mendapatkan warna baru pada awal 2022.

Sebelumnya, Yamaha XMax baru sudah kepergok tengah diuji jalan. Disitat dari laman rideapart, sebuah motor misterius berbalut warna hitam dop ditemukan sedang tes jalan di Eropa. Berdasarkan tampilannya, skutik ini diduga kuat sebagai XMax 300 terbaru.

Meski sebagian besar detail motor tertutupi, Yamaha XMax terbaru kemungkinan besar akan mendapatkan ubahan ringan dari segi styling, membuat tampilan motor ini lebih sleek dan kalem, tidak banyak lekukan.

Lalu, jika benar Yamaha XMax baru ini akan segera diluncurkan, kapan model tersebut benar-benar datang ke Indonesia?

Manager Public Relations, YRA, & Community PT YIMM, Antonius Widiantoro masih enggan membeberkan informasi detail terkait kehadiran model Yamaha XMax baru ini. Namun, pihaknya menegaskan, setiap pabrikan, pastinya telah memiliki rencana untuk sebuah model.

"Saya tidak tahu (peluncuran Yamaha XMax baru). Namun, setiap pabrikan atau model pasti kita pikirkan periodenya. Kapan harus diperbaharui atau upgrade warna atau fitur, itu sudah masuk dalam pertimbangan kami," jelas Widi, saat menjawab pertanyaan Liputan6.com, terkait kehadiran model baru Yamaha XMax, di Sentul, Jawa Barat, akhir pekan lalu.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Ubahan minor

Sisi samping Yamaha XMAX terbaru
Perbesar
Sisi samping Yamaha XMAX terbaru (rideapart.com)

Sementara itu, berdasarkan foto-foto yang beredar beberapa waktu lalu, Yamaha XMax baru ini, kemungkinan besar memang tidak akan mengalami ubahan secara struktur bodi. Bahkan, beberapa bagian dari skutik bongsor ini masih sama dengan model sebelumnya.

Informasi lain menyebutkan, pembaharuan Yamaha XMax ini menyasar kepada fitur Y-Connect, yang memang sudah teraplikasi di beberapa model Yamaha lainnya, bahkan di bawah kelas XMax.

Yamaha XMAX terbaru juga dikabarkan tidak akan mendapatkan mesin baru, dan tetap mengusung unit 292cc liquid cooled silinder tunggal SOHC dengan semburan tenaga 27.6 hp di 7.250 rpm dan torsi puncak 29 Nm pada 5.750 rpm.

Adapun opsi XMAX 125 di Eropa yang memboyong mesin 125cc liquid cooled SOHC dengan muntahan tenaga 12 hp dan torsi maksimal di angka 11 Nm.

Jika XMAX terbaru ini hadir di Indonesia, kemungkinan besar masih akan menggunakan mesin 249cc liquid cooled SOHC dengan output 22.6 hp dan torsi 24.3 Nm yang digunakan saat ini.

Infografis Ragam Tanggapan Tragedi Arema di Stadion Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ragam Tanggapan Tragedi Arema di Stadion Kanjuruhan. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya