Sukses

Kustomfest 2022 Diharapkan Bangkitkan Industri Kreatif dan Buka Peluang Kerja Baru

Kustomfest 2022 resmi berlangsung pada 1-2 Oktober 2022 di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta. Lebarannya anak kustom itu dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Liputan6.com, Jakarta - Kustomfest 2022 resmi berlangsung pada 1-2 Oktober 2022 di Jogja Expo Center (JEC), Yogyakarta. Lebarannya anak kustom itu dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Dalam sambutannya 'Mas Menteri' Sandi menyampaikan, industri desain produk diprediksikan akan terus meningkat, dan Kustomfest bisa menjadi tuan rumah bagi perkembangan dunia produk industri dan bisa menjadi roda-roda ekonomi pariwisata dan juga UMKM di Indonesia.

"Selain itu, kehadiran acara Kustomfest ini juga turut membantu tingkat okupansi penginapan di wilayah Yogyakarta karena banyaknya tamu yang hadir," terangnya.

Dirinya juga berharap, penyelenggaraan Kustomfest dapat memicu semangat para pelaku dunia kustom untuk bangkit dari keterpurukan usai terjangan badai Covid-19 di negeri ini.

"Kita kejar kebangkitan yang lebih kuat, pemulihan yang lebih cepat dengan mengandalkan industri kreatif untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru," kata Sandi.

Sementara itu Lulut Wahyudi selaku Direktur Kustomfest menyebutkan, dari setiap penyelenggaraan Kustomfest, pihaknya terus berproses membuat program dalam upaya meningkatkan kualitasnya sehingga menjadi ruang kreasi serta inovasi unggulan dari dunia kustom di Indonesia.

"Tidak itu saja, kami juga memperhatikan dampak besar dari penyelenggaraan Kustomfest untuk ikut mendorong perekonomian dengan melibatkan berbagai stake holder dari pemerintah hingga instansi terkait," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peserta Kustomfest 2022

Sekadar informasi, Kustomfest 2022 diikuti 160 motor kustom dari berbagai kategori hasil dari kurasi komite. Sementara peserta Hot Rod & Kustom Car diikuti oleh 36 kontestan. Selain itu, terdapat pula puluhan peserta sepeda kustom.

Menariknya, terdapat penghargaan khusus yang diberikan Kesultanan Yogyakarta untuk menyemarakan kontes motor kustom tahunan tersebut.

"Sebagai bentuk dukungan Sri Sultan Hamengkubuwono X terhadap Kustomfest 2022, beliau memberikan dua Piala Raja untuk diperebutkan di dalam event ini," ujar KPH. Purbodiningrat, perwakilan Kesultanan Yogyakarta sekaligus penasehat Kustomfest.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini