Sukses

Chopper Electric Bike 'Candradimuka' Jadi Lucky Draw Kustomfest 2022

Salah satu hal yang paling dinantikan dalam perhelatan Kustomfest adalah lucky draw untuk pengunjung. Dan pada Kustomfest 2022, lucky draw yang disiapkan adalah chopper electric bike bernama Candradimuka.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu hal yang paling dinantikan dalam perhelatan Kustomfest adalah lucky draw untuk pengunjung. Dan pada Kustomfest 2022, lucky draw yang disiapkan adalah chopper electric bike bernama Candradimuka.

Motor kustom bertenaga listrik ini digarap oleh Lulut Wahyudi, builder sekaligus owner Retro Classic Cycles (RCC). Disebutkan, proses pengerjaannya memakan waktu 1,5 bulan dan penamaan motor ini terinspirasi dari cerita pewayangan.

"Grafis pada motor ini adalah representasi api kawah. Apa sih kawah yang bisa membakar tapi tidak ada habisnya? (Ibaratnya) apa sih kawah spirit yang berkobar-kobar, membakar semangat dunia kustom dan tidak pernah habis. Akhirnya saya tersadar, kawah yang membakar semua pandawa dan menjadikannya kesatria adalah kawah Candradimuka. Karena itu motor ini dinamakan Candradimuka," ujar Lulut.

Untuk diketahui, sekujur rangka dan bodi motor listrik ini dibalut dengan grafis lidah api. Ini merupakan buah karya painter Exsoutheast bernama Titah Argayoga.

Lulut menyebutkan, ini merupakan pengalaman pertama bagi tim Retro Classic Cycles selama untuk membuat sebuah karya kustom dengan menggunakan tenaga listrik. Selain itu, langkah pembuatan motor listrik ini sekaligus menjadi trigger buat builder lain dalam membangun motor kustom listrik.

"Tidak ada yang tidak bisa dilakukan, kami juga banyak belajar soal teori dari para akademisi serta beberapa pihak lain soal elektrifikasi ini," ujar pria yang juga menjabat sebagai Direktur Kustomfest.

Menurutnya, hal yang paling sulit dalam proses pengerjaan adalah saat perakitan komponen motor penggerak.

"Bagi kami butuh waktu adalah saat merakit komponen-komponen elektrik dari motor atau dinamo, controler, dan baterai. Untuk mendapat seting yang perfect membutuhkan proses yang panjang," kata Lulut.

"Kalau soal frame, suspensi springer, penggerak itu makanan kita sehari-hari di RCC untuk development," tambahnya.

Untuk diketahui, Chopper Electric Bike ini ditenagai motor drive Mid Drive V3 serta baterai 72V 24AH Dual dengan tiga mode riding.

Sekadar informasi, Kustomfest 2022 akan berlangsung 1-2 Oktober 2022 di JEC, Yogyakarta. Setiap pembelian tiket Kustomfest seharga Rp 100 ribu per hari, pengunjung akan mendapat nomor undian Lucky Draw yang nantinya akan diundi saat puncak acara pada Minggu (2 Oktober 2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Berikut spesifikasi Chopper Electric Bike 'Candradimuka':

Frame

Frame : Chopper Rigid by Retro Classic Cycles

Driver

Motor: Mid Drive V3

Controller: Far Drive 72120

Baterry: 72V 24AH Dual

Body

Gas Tank: Kustom by Retro Classic Cycles

Front Fender: Kustom by Retro Classic Cycles

Rear Fender: Kustom by Retro Classic Cycles

SUSPENSION

Front Suspension: Springer, Chrome by Retro Classic Cycles

CONTROL SYSTEM

Handlebar: Kustom by Retro Classic Cycles

Hand Control: Kustom by Retro Classic Cycles

Front Wheel: 19 inch spoke wheel

Front Tires: Avon 19 inch

Rear Wheel: 16 inch spoke wheel

Rear Tires: Shinko 16 inch

BRAKE SYSTEM

Front Brake: Non Front brakeRear Brake: 2 piston caliper

ELECTRICAL

Headlight: Cute small headlight

Tail light: Sparto tail light

Wiring system: Retro Classic Cycles

PAINTING

Color: Black & Flames

Painter: Titah Argayoga - Exsoutheast

Seat: Chopper Seat by Retro Classic Cycles

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini