Kupas Tuntas Fitur Keselamatan Canggih Daihatsu Rocky

Oleh Arief Aszhari pada 30 Sep 2022, 20:12 WIB
Diperbarui 30 Sep 2022, 20:12 WIB
Peluncuran Daihatsu Rocky Minor Improvement
Perbesar
Ilustrasi peluncuran Daihatsu Rocky minor improvement (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Liputan6.com, Jakarta - Daihatsu Rocky jadi salah satu mobil yang memiliki desain yang stylish dan modern. Rocky menjadi model pertama pabrikan asal Jepang ini di Indonesia yang menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture).

Selain itu, model ini juga sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan ASA (Advanced Safety Assist), untuk varian tertingginya.

Melengkapi tampilan yang trendi, Daihatsu Rocky hadir dengan 2 plihan mesin, mulai dari 1.0L berteknologi Turbocharged yang memberikan performa dan akselerasi layaknya mesin dengan kapasitas lebih besar, serta 1.2L yang bertenaga dan tetap irit bahan bakar. Dengan dual mode CVT pada Rocky, membuat aktivitas berkendara menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Selain itu, Daihatsu Rocky dilengkapi teknologi keselamatan yang terdapat khusus pada varian ASA. Sesuai namanya, fitur Daihatsu ASA (Advanced Safety Assist) ini bekerja dengan menggunakan sensor pada stereo camera kaca depan yang dapat mendeteksi objek di depan mobil, lalu memberikan peringatan jika mobil dalam potensi bahaya.

Adapun fitur ASA ini memiliki 6 fungsi, yaitu:

1. Pre-Collision Warning, yang berfungsi memberikan peringatan berupa bunyi ketika mobil akan menabrak.

2. Pre-Collision Braking, yang berfungsi memberikan asistensi dalam hal pengereman ketika mobil akan menabrak.

3. Pedal Misoperation Control, yang berfungsi melakukan kontrol pada pedal gas ketika pengemudi salah menginjak (bermaksud menginjek pedal rem, namun menginjak pedal gas).

4. Front Departure Alert, yang berfungsi memberikan peringatan berupa bunyi ketika kendaraan di depan sudah bergerak (biasanya pada saat lampu merah atau kemacetan).

5. Lane Departure Warning, yang berfungsi memberikan peringatan berupa bunyi ketika pengemudi melenceng dari jalur.

6. Lane Departure Prevention, yang berfungsi memberikan asistensi gerak mobil agar kendaraan tetap melaju di dalam jalur.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

 

Fitur Keselamatan Lain

Daihatsu Rocky Update
Perbesar
Daihatsu Rocky dapat penyegaran dari tampilan eksterior (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Selain ASA, Daihatsu Rocky juga dibekali dengan rear parking camera dan back sonar yang dapat membantu visibilitas pengendara agar lebih aman saat bermanuver mundur.

Selain itu, Daihatsu Rocky juga dilengkapi dengan SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang, ABS (Anti-Lock Brake System), dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution), serta VSC (Vehicle Stability Control), dan HSA (Hill Start Assist) tergantung varian dan tipe transmisi yang dipilih.

"Dapat dikatakan, Daihatsu Rocky sudah memiliki standard teknologi keselamatan yang tinggi. Dengan demikian, Sahabat bisa menikmati aman dan nyamannya berkendara bersama Daihatsu Rocky," ujar Dendy Triyanto, Product I Department Head, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Jumat (30/9/2022).


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Perbesar
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya