Sukses

Jaguar I-Pace Bersiap Masuk Indonesia

Kabar terbaru, persaingan mobil listrik di segmen premium bakal semakin sengit dengan rencana kedatangan pemain baru, yakni Jaguar I-Pace.

Liputan6.com, Jakarta - Tren kendaraan listrik di Indonesia semakin menjangkau banyak kalangan. Kabar terbaru, mobil listrik di segmen premium bakal kedatangan pemain baru, yakni Jaguar I-Pace.

Irvino Edwardly, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT JLM Auto Indonesia mengungkapkan pihaknya mengikuti arah kebijakan prinsipal yang juga menjadikan kendaraan listrik sebagai arah produk masa depan.

Terlebih, Jaguar Land Rover telah mengungkapkan komitmen tersebut dalam rancangan pengembangan bisnis mereka berjudul Reimagine. Rencananya seluruh produk Jaguar Land Rover akan sepenuhnya berupa produk listrik pada 2025 mendatang.

Irvino juga mengungkapkan, sesuai rencana saat pengumuman JLM Auto Indonesia sebagai distributor resmi beberapa waktu lalu, produk elektrifikasi Jaguar Land Rover akan hadir. Salah satunya yang dipastikan adalah Jaguar I-Pace.

“Untuk I-Pace sendiri sampai saat ini unit display-nya sudah hadir dan akan segera kami luncurkan dalam waktu dekat. Sudah ada konsumen yang menanyakan. Ini cara kita untuk memperkenalkan produk elektrifikasi selain lewat produk lainnya dengan teknologi mild hybrid dan plug in hybrid electric (PHEV) yang sudah bisa dipesan,” ucap Irvina saat ditemui Senin (26/9/2022) lalu.

Riuh kendaraan listrik di Indonesia menjadi angin segar untuk segmen kendaraan premium. Terlebih konsumen Jaguar Land Rover merupakan segmen yang sudah teredukasi terkait kelebihan kendaraan listrik dan beragam teknologinya.

Selain itu, segmen ini menjadi salah satu kelompok yang bisa merasakan keunggulan kendaraan ramah lingkungan dalam waktu singkat berkat kemampuan daya beli yang besar.

“Potensi elektrifikasi cukup besar. Konsumen di Indonesia sudah teredukasi. Sekarang tinggal bagaimana caranya mengedukasi konsumen yang berada di segmen premium ini,” ucap Irvino.

Irvino juga angkat bicara terkait aturan pemerintah yang mewajibkan lembaga pemerintahan untuk menggunakan kendaraan listrik.

Pihak PT JLM Auto Indonesia tentu mengikuti rencana yang dipersiapkan pemerintah karena kembali berkaca arah kebijakan mendukung era percepatan kendaraan listrik tentu menarik bagi segmen premium.

Meski demikian, Irvino tidak menyebutkan apakah sudah ada pihak pemerintahan yang melakukan pendekatan untuk melakukan pengadaan unit mobil listrik lewat perusahaannya.

“Soal itu pendekatan dari atau ke pemerintah kita mengikuti saja. Kalau kita bersyukur karena arahnya memang ke elektrifikasi. Potensi pasar premium pun sudah pasti ke arah sana. Jaguar sendiri punya produk elektrik, juga PHEV di Land Rover. Kami pihak importir terus mempersiapkan langkah pengembangan elektrifikasi ke depannya,” ucap Irvino.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi I-Pace

Model I-Pace menjadi jagoan Jaguar di segmen kendaraan listrik premium. Desainnya menggunakan pendekatan Sport Utility Vehicle (SUV) modern dengan sentuhan desain khas Jaguar. Baterainya memiliki kapasitas 90 kWh yang mampu menghasilkan tenaga dari motor listriknya sebesar 394 tk atau 400 ps dan torsi 696 Nm.

Tenaganya disalurkan ke empat rodanya dan memiliki jarak tempuh sejauh 470 kilometer berdasarkan perhitungan WLTP. Mobil ini mampu melaju 200 km per jam dan bergerak dari diam hingga 100 km per jam dalam waktu 4,8 detik.

Soal pengisian daya, disebutkan mobil ini hanya memerlukan waktu 15 menit untuk menambah jarak tempuh menjadi 100 kilometer. Jaguar juga menyediakan garansi baterai 8 tahun atau jarak 100.000 mil.

I-Pace juga menawarkan personalisasi untuk konsumennya. Namun highligh dari eksterior, interior dan fiturnya cukup menarik. Sebut saja pencahayaan LED di depan dan belakang, fitur automatic headlight levelling, follow me home light dan flush exterior door handle menjadi standar.

Pilihan ukuran pelek mulai dari 19 inci sampai 23 inci mengikuti keinginan konsumen dengan beberapa model dipersiapkan Jaguar untuk dipilih.

Fitur di interiornya terdiri dari two zone climate control, ambient light, wireless charging, armrest di baris pertama dan kedua, heated steering wheel, luxtec sport seat dan pengaturan 8 arah untuk tempat duduknya.

Masih ada hiburan dari layar 10 inci dengan fitur Pivi Pro Jaguar, sambungan Apple Carplay dan Android Auto, Dynamic Volume control, serta perintah suara.

Soal fitur keselamatan, I-Pace menawarkan penggerak AWD, hill launch Assist, JaguarDrive Control, Electric Power Assisted Steering, Open Differential with torque vectoring by braking, dynamic stability control, electric parking brake, low traction launch, dan enhanced brake regeneration.

Fitur canggih lainnya adalah cruise control dan speed limiter, driver condition monitor, traffic sign recognition and adaptive limiter, lane keep assist, active sound, dan kamera 360 derajat.

Kendaraan listrik ini ditawarkan dalam lima varian di pasar Britania Raya. Ada varian S, SE, HSE, Black dan HSE Black. Belum diketahui berapa biaya yang harus dikeluarkan konsumen di Indonesia untuk membawa pulang I-Pace.

Di pasar global, EV ini ditawarkan mulai Rp 1 miliar yang membuat perkiraan harga di Indonesia tentu melebihi harga tersebut.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini