Toyota Bakal Jual Sedan Listrik Kecil Mulai Akhir 2022

Oleh Arief Aszhari pada 29 Sep 2022, 06:06 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 06:06 WIB
Toyota Tepergok Tengah Melakukan Uji Coba Sedan Listrik bZ5 di Cina
Perbesar
Toyota Tepergok Tengah Melakukan Uji Coba Sedan Listrik bZ5 di Cina (Carnewschina)

Liputan6.com, Jakarta - Toyota Motor Corp berencana untuk memulai produksi dan penjualan sedan listrik kecil terbarunya pada akhir 2022. Model ini, akan ditenagai baterai BYD sebagai bagian dari kolaborasi berkelanjutan dengan perusahaan Cina tersebut, seperti dikatakan tiga sumber yang dekat dengan Toyota.

Saat ini sedan Toyota bZ3 khusus Cina yang dikembangkan bersama dengan BYD, akan menjadi model kedua dalam seri kendaraan listrik baterai BEV, seperti dilaporkan Reuters, Rabu (28/9/2022). Sebelumnya, sedan listrik kecil ini sudah dilakukan pengujian di jalan.

Dari foto yang beredar, meski tertutup dengan lapisan kamuflase, namun beberapa detail bisa terlihat mulai dari penggunaan jok, desain dashboard serta lingkar kemudinya.

Bahkan, masih dalam foto tersebut juga memperlihatkan ada sebuah layar lebar yang ditempatkan di tengah. Dipercaya, display tersebut merupakan fitur entertainment yang nantinya bisa menemani pemiliknya selama perjalanan.

Informasi lain yang bisa didapatkan melalui foto tersebut, mereka juga membagikan spesifikasinya dalam tulisan bahasa Cina. Beberapa hal yang dapat diinformasikan adalah mengenai dimensinya, di mana untuk panjang dibekali 4.725 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.475 mm.

Meski spesifikasi secara detailnya belum terungkap secara resmi, namun untuk kemampuannya melibas jalan, sedan listrik Toyota ini diklaim mampu berlari hingga 150 kpj dengan jumlah bobot 2.215 kg.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Desain paten

Toyota bZ3 (Carnewschina)
Perbesar
Toyota bZ3 (Carnewschina)

Melihat desain patennya, tampilan depan datang dengan nuansa modern lantaran direfleksikan melalui desain lampu depan yang menyatu dari sisi kanan ke sisi kiri. Sedangkan bagian belakangnya, sedan listrik juga masih mengikuti SUV listrik bZ4X di mana desainnya tidak berubah jauh.

Perihal beberapa detailnya pada mobil ini, sudah bisa dibagikan secara gamblang berdasarkan dokumen yang menempel di bagian kaca depan. Dari situ bisa disimpulkan semua lampu bakal dibekali dengan teknologi time rally.


Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia
Perbesar
Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya