Sukses

BYD Pamer Platform untuk Bus Listrik di IAA Transportation 2022

Dalam gelaran IAA Transportation 2022 yang berlangsung di Hanover, Jerman, BYD, sebagai produsen mobil listrik dan baterai listrik terkemuka di Cina, turut memamerkan platform baru untuk bus listrik.

Liputan6.com, Hanover - Dalam gelaran IAA Transportation 2022 yang berlangsung di Hanover, Jerman, BYD, sebagai produsen mobil listrik dan baterai listrik terkemuka di Cina, turut memamerkan platform baru untuk bus listrik.

Pada kesempatan tersebut, pembuat mobil Cina ini meluncurkan Platform Blade eBus yang diklaim begitu inovatif. Desain platform ini menggabungkan bateri Blade yang sangat aman sebagai definisi ulang standar keamanan pada kendaraan listrik.

Penggunaan komponen baterai tersebut telah melewati uji tes paku, di mana melalui tes ini merupakan hal yang paling ketat untuk menguji pelarian thermal baterai.

Desain yang dihadirkan pada platform ini memiliki ruang paket baterai yang meningkat sebesar 50 persen dibandingkan dengan baterai blok lithium besi fosfat konvensional. Hal ini dikarenakan melalui struktur yang dioptimalkan di mana sel-sel tunggal yang disusun bersama dalam susunan kemudian dimasukkan ke dalam paket baterai tersebut.

BYD pada kesempatan tersebut juga menyebutkan bahwa sasis bus yang dipamerkan ini akan mengadopsi desain modular. Mereka juga turut menyampaikan semua sasis yang akan ditawarkan hadir dalam standar Eropa dan telah disesuaikan dengan sangat matang dengan bodi bus pada umumnya.

Untuk memberikan gambaran yang lebih luas kepada konsumen, dalam pameran IAA Transportation 2022, BYD, juga memamerkan dua truk listrik murni yakni ETM6 dengan bobot 7,5 ton dan truk ETH8 dengan bobot 19 ton yang telah dirancang khusus untuk kebutuhan logistik dan pengumpulan sampah.

Model lain yang juga ditampilkan adalah eBus sepanjang 12 meter yang baru dikembangkan oleh perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Begini Strategi Pemerintah dan Swasta Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Akselerasi pemerintah terkait percepatan penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai terus dilakukan. Terbaru, Presiden Joko Widodo, resmi mengesahkan Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2022, tentang penggunaan kendaraan listrik bagi pejabat pusat dan daerah.

Analis Kerja Sama Direktorat Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Supriyadi mengungkapkan, pemerintah sudah mempersiapkan regulasi dan strategi untuk mewujudkan rencana terkait penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai.

"Salah satunya, Peraturan Presiden (Perpres) No. 55 Tahun 2019. Terbaru, ada Inpres Nomor 7 Tahun 2022 tentang penggunaan KBBLB sebagai kendaraan dinas operasional, serta kendaraan perorangan dinas instansi pemerintah pusat dan daerah," ujar Supriyadi, di Workshop Nasional yang diselenggarakan The International Council on Clean Transportation (ICCT) dan Komite Penghapusan Bensin Bertimbel (KPBB), Rabu (21/9/2022).

Sebelum ada instruksi dari Presiden Jokowi, Pemerintah DKI Jakarta sejatinya sudah lebih dahulu melangkah menggunakan kendaraan listrik, khususnya untuk armada bus Transjakarta. Bus listrik Transjakarta resmi beroperasi pada Maret 2022, sejumlah 30 unit.

Payung hukumnya Peraturan Gubernur No. 90 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Rendah Karbon Daerah yang berketahanan Iklim.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • BYD

  • bus listrik