Sukses

Serius Hadapi AXCR 2022, Mitsubishi Ralliart Jalani Uji Ketahanan

Ketangguhan Mitsubishi Triton akan dibuktikan dalam kejuaraan Asia Cross Country Rally (AXCR) yang berlangsung 21-26 November 2022 di Thailand dan Kamboja

Liputan6.com, Jakarta - Ketangguhan Mitsubishi Triton akan dibuktikan dalam kejuaraan Asia Cross Country Rally (AXCR) yang berlangsung 21-26 November 2022 di Thailand dan Kamboja. Tim yang terjun kejuaraan ini menggunakan Mitsubishi Triton adalah Mitsubishi Ralliart dengan dukungan teknis dari Mitsubishi Motors.

Turun di kategori Grup T1 (prototipe kendaraan lintas alam), dua mobil reli Triton disiapkan. Rifat Sungkar yang merupakan jawara Indonesian Sprint Rally Championship menjadi salah satu pembalap utamanya.

Dia akan ditemani mobil balap lainnya yang dikemudikan Chayapon Yotha dari Thailand. Prestasi Chayapon Yotha sendiri bukan kaleng-kaleng karena berstatus juara Thailand Autocross Championship.

Tak cuma itu, Sakchai Hantrakul dari Thailand akan mendukung keduanya dengan mobil reli ketiga sebagai mobil pendukung.

Persiapan pun telah dilakukan agar saat balapan nanti mampu menuai hasil maksimal. Terbaru, tim Mitsubishi Ralliart melakukan tes ketahanan mobil reli Triton sejauh 1.100 km di trek balap off-road Grand Prix Motor Park di Kanchanaburi, Thailand, pada 29-31 Agustus lalu.

Hasil evaluasi pengujian itu terdapat pengurangan bobot kendaraan serta meningkatkan karakteristik output dari engine. Selain itu, pengaplikasian dual damper baru untuk meningkatkan kestabilan kendaraan.

Dengan melakukan berbagai penyesuaian tersebut, kemampuan berkendara pembalap pun meningkat dan memungkinkan untuk melakukan pengendalian yang gesit saat melintasi trek berkelok-kelok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Melakukan Uji Ketahanan

Menurut Rifat Sungkar, pembalap reli biasanya melewati banyak tikungan yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting bagi mobil reli untuk memiliki kemampuan manuver dan pengendaraan yang sangat baik seperti yang diinginkan pengemudi, dan daya tahan dan keandalan yang tinggi di jalan yang kasar.

Tak cuma itu, kata Rifat, Co-driver yang baik yang dapat menavigasi secara akurat dan cepat juga penting untuk hasil yang sukses.

"Melalui uji ketahanan, kami dapat memastikan bahwa mobil reli Triton memberikan kinerja yang sangat baik dalam hal jalan kasar kelincahan dan daya tahan," tambahnya.

Sementara itu, Hiroshi Masuoka, Direktur Tim Mitsubishi Ralliart menyatakan, dua tes ketahanan yang telah dijalankan memungkinkan timnya mengidentifikasi masalah dan menangani bersama pembalap andalan mereka.

Meski cukup puas dengan hasil yang ada saat ini, pihaknya akan tetap melakukan pengetesan lagi sebelum balapan dimulai.

"Kami akan melakukan uji coba lagi pada November sebelum AXCR 2022, namun performa Triton sejauh ini terlihat bagus dan saya yakin para pembalap akan mampu memberikan performa yang tangguh dan solid," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.