Sukses

Modifikasi Peugeot 306 Pakai Mesin Turbo, Tenaganya Tembus 300 Tk

Untuk memuaskan hasrat modifikasinya terhadap mobil kecintaannya Peugeot 306, tuner workshop spesialist Peugeot, Hatar, berhasil melakukan engine swap guna memuluskan keinginan konsumennya tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Untuk memuaskan hasrat modifikasinya terhadap mobil kecintaannya Peugeot 306, Engine Block Autoworks, sebagai salah satu tuner workshop spesialist Peugeot, Hatar, berhasil melakukan engine swap guna memuluskan keinginan konsumennya tersebut.

Dalam kondisi standarnya, Peugeot 306 ini hanya menghasilkan tenaga sebesar 135 tk dari ruang mesinnya. Namun setelah mendapatkan sentuhan tangan dingin Hatar, tenaganya berhasil terdongkrak secara signifikan berkat modifikasi yang dilakukan pada mobil berkelir kuning ini.

"Mobil ini awalnya mesinnya pakai 306 standar. Lalu karena pemilik mobil ini memiliki keinginan untuk mengadopsi mesin turbo, akhirnya kita engine swap dengan menggunakan mesin 406 dengan kode D8," buka Hatar, ketika ditemui di Workshopnya di Kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (21/9/2022) siang.

Proyek pengerjaan modifikasi ini tidak sekedar plug n play semata, tetapi, Hatar perlu mengatur beberapa strategi untuk memuluskan keinginan konsumennya itu. Bahkan, untuk komponen turbonya sendiri ia melakukan dua kali penggantian lantaran saat menggunakan turbo yang pertama hasilnya tidak maksimal.

"Awalnya belum pakai turbo yang ini. Kalau ini kan turbonya punya Evo IV. Sebelumnya itu pakai turbo yang lain, tapi tidak maksimal, akhirnya kita ganti ke yang sekarang ini," jelas Hatar.

Untuk menopang performa turbo yang sudah disematkan tersebut, pria yang memang begitu fanatic dengan brand Peugeot ini, turut melakukan penyesuaian dalam hal urusan jeroan yang dipakai.

Peugeot 306 ini melakukan engine swap (Fahmi/Liputan6)

"Penyesuaiannya, kita juga ikut mengganti komponen dalam seperti per klep dan klep dengan menggunakan punya Peugeot 306 GTI. Untuk engine mounting, juga dikustom untuk hasil yang lebih maksimal," bebernya.

Dalam pengerjaan proyek ini, ia mengaku memakan waktu paling lama dalam hal pembuatan intake serta piping. Untuk pengerjaan dua komponen tersebut, memakan waktu hingga satu bulan.

Sedangkan pengerjaan lainnya, untuk mesin membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk menyelesaikan pekerjaannya tersebut.

"Komponen lain juga turbo wastegate kita adjustable custom, dan as yang ada di situ dan mengarah ke turbo, juga kita kustom agar pengaturannya lebih enak lagi dan lebih mudah," imbuh Hatar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tampilan Luarnya Mengalami Restorasi

Meski secara performa mobil ini memiliki tenaga yang buas, untuk tampilan luarnya justru tidak ketara bahwa mobil ini memiliki tenaga yang beringas.

Hal ini sejalan dengan konsep modifikasi yang dipilih oleh pemiliknya. Di mana ia ingin mobil ini tetap tampil standar namun untuk urusan mesin mobil ini menyimpan rahasia yang begitu besar.

Sebelum fokus pengembangan terhadap modifikasi mesin, Hatar, juga terlebih dahulu membenahi sektor luar lantaran saat mendapatkan mobil ini kondisinya cukup memprihatikan.

Restorasi terpaksa dilakukan untuk memberikan hasil yang lebih maksimal. Bahkan, gaya modifikasi ini juga turut menghadirkan roofbox di bagian atas yang mana komponen tersebut merupakan original keluaran Peugeot.

3 dari 3 halaman

Infografis Grup H Piala Dunia 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.