Mesin Legendaris Nissan SR20DET Dibangkitkan Kembali, Diproduksi Secara Terbatas

Oleh Fahmi Rizki pada 20 Sep 2022, 18:08 WIB
Diperbarui 20 Sep 2022, 18:08 WIB
Mesin Nissan SR20DET bakal dihidupkan kembali dan diproduksi secara terbatas (Mercury Japan)
Perbesar
Mesin Nissan SR20DET bakal dihidupkan kembali dan diproduksi secara terbatas (Mercury Japan)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para penggemar dunia modifikasi, terutama mereka yang mencintai kecepatan, tentu sudah tidak asing lagi dengan mesin khas Nissan, SR20DET. Jantung mekanis yang kerap digunakan untuk ajang drift itu memang begitu melegenda, layaknya 2JZ-GTE milik Toyota.

Melansir informasi dari Carscoops, tuner sekaligus sponsor balap dan delaer terkemuka di Jepang, Mercury, baru-baru ini telah menandatangani kerjasama dengan Nissan untuk kembali menghidupkan mesin empat silinder segaris SR20DET baru.

Meski ini merupakan kabar baik bagi para pecinta mesin tersebut, namun mereka harus segera bertindak cepat.

Pasalnya, mesin yang dibangkitkan ini akan dijual secara terbatas. Diinformasikan dari laman tersebut, Mercury, hanya akan memproduksi mesin tersebut sebanyak 30 unit saja.

Mereka juga hanya melakukan pembangunan mesin tersebut sebanyak 3-4 unit per bulan. Artinya, Anda para pecinta Nissan dan sangat menginginkannya harus segera menghubungi Mercury untuk mendapatkan kuota dari 30 unit yang mereka bangun.

Bagi konsumen yang betul-betul menginginkannya, mereka baru bisa melakukan pemesanan pada akhir September 2022. Lantaran mesin ini begitu legendaris, maka untuk satu mesinnya kabarnya bakal dipatok dengan harga 1,33 juta Yen atau setara dengan Rp 139 jutaan.

Seperti titahnya yang dikenal selama ini, mesin Nissan SR20DET ini akan diprioritaskan untuk mereka yang berkecimpung di dunia balap.

Bagi mereka yang menginginkan mesin ini namun digunakan pada mobil modifikasi harian, tampaknya harus mengurungkan diri untuk membelinya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pernah Diproduksi Pada Rentang Waktu Tertentu

Mesin Nissan SR20DET ini pernah diproduksi oleh pabrikan tersebut pada rentang waktu 1989 sampai 2003.

Adapun model yang melegenda dan mengusung mesin ini antara lain adalah Nissan Silvia S13, S14 dan S15.

Sementara mesin empat silinder turbocharged mungkin tidak setenar Nissan RB26 dari Skyline dan model lainnya. Nissan SR20DET ini berada di belakang mesin tersebut untuk perihal popularitasnya.

Mesin ini biasanya digunakan untuk balap drifting, di mana tenaga yang dihasilkan mampu memberikan performa yang mumpuni. Bagaimana, berniat untuk membelinya?


Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris

Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ratu Elizabeth II, Penguasa Terlama di Kerajaan Inggris. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya