Toyota Indonesia Siap Hadirkan Kendaraan Listrik Terbaru

Oleh Liputan6.com pada 17 Sep 2022, 20:05 WIB
Diperbarui 17 Sep 2022, 20:05 WIB
Toyota bz4X
Perbesar
Toyota bz4X hadir di GIIAS 2022 (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) turut menanggapi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) Sebagai Kendaraan Dinas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yang diterbitkan Presiden Joko Widodo.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi, Toyota mengungkapkan dukungannya terhadap rencana pemerintah untuk mempercepat penerapan kendaraan listrik di pemerintahan.

“Kami sudah meluncurkan Lexus UX300 yang merupakan model kendaraan listrik yang sudah dijual. Model ini juga akan digunakan sebagai unit resmi di ajang G20 beberapa waktu mendatang. Selain itu dukungan juga kami berikan lewat strategi eco tourism di Bali, Danau Toba dan selanjutnya di tempat-tempat wisata lainnya. Ini menggunakan produk Toyota BEV yakni C+Pod,” ucap Anton saat dihubungi Jumat (16/9/2022).

Anton juga meyakini, ke depannya Toyota dapat memanfaatkan kehadiran Inpres percepatan kendaraan listrik tersebut untuk memperkenalkan beragam produk ramah lingkungan di Indonesia.

Toyota secara global juga telah mencanangkan target pengenalan produk ramah lingkungan di seluruh dunia sebagai bentuk pencapaian target nol emisi mereka.

“Ke depan, kami akan meluncurkan model-model elektrifikasi termasuk produk Toyota BEV, HEV (Hybrid Electric Vehicle) dan lainnya. Tunggu saja tanggal mainnya,” ucap Anton.

Toyota selama ini menekankan strategi multi-pathway untuk menghadirkan beragam teknologi elektrifikasi pada masyarakat di Indonesia. Pendekatan ini menawarkan beragam teknologi elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan seperti HEV, PHEV, hingga BEV.

Henry Tanoto, Presiden Direktur PT TAM mengungkapkan pihaknya terus mendukung langkah positif pemerintah dalam hadirkan kendaraan elektrifikasi sebagai upaya mendukung pemenuhan komitmen dalam pengurangan emisi karbon di Indonesia.

Pada ajang GIIAS 2022 Agustus lalu, Toyota memperlihatkan bZ4X sebagai produk listrik masa depan Toyota meski belum ditawarkan secara resmi di Indonesia.

“Sebagai perusahaan mobilitas yang berkomitmen untuk Produce Happiness for All, ke depannya kami akan terus menambah pilihan kendaraan elektrifikasi serta berupaya untuk mempopulerkan dan mengedukasi masyarakat lewat beragam program terkait lineup elektrifikasi kami. Harapannya, masyarakat dapat lebih memahami dan turut berkontribusi dalam mendukung pemerintah mencapai netralisasi karbon di Indonesia,” ucap Henry.

Spesifikasi bZ4x yang kemarin hadir di GIIAS tidak berbeda jauh dengan yang sudah lebih dulu hadir di global. SUV BEV ini menggunakan filosofi e-TNGA dan memiliki dimensi panjang 4.690 mm, lebar 1.860 mm dan tinggi 1.650 mm. Terdapat dua jenis varian penggerak yakni AWD dan FWD.

Versi FWD mendapat tenaga hingga 150 kW dan AWD motor listrik dengan tenaga 160 kW. Kedua varian ini menggunakan baterai lithium-ion yang terletak di bagian dek bawah dengan tegangan sebesar 355 volt.

Kemampuan akselerasi SUV ini cukup mengesankan. Dari diam hingga 100 kilometer per jam dapat dicapai dalam waktu 8,4 detik untuk FWD dan 7,7 detik untuk AWD. Soal kemampuan pengisian, baterai bZ4x dapat terisi dalam waktu 30 menit untuk mencapai 80 persen. Ada juga teknologi panel surya di atap mobil.

 

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tentang Lexus UX 300e

Lexus UX 300e sendiri pertama kali diperkenalkan pada 2021 lalu. SUV premium ini menjadi produk listrik yang ditawarkan Toyota untuk penyelenggaraan G20 beberapa waktu ke depan. Berdasarkan data Gaikindo, produk ini hingga Agustus terjual sebanyak 8 unit.

Lexus telah menyatakan visi elektrifikasi secara global yang menjadi landasan Lexus dalam melakukan lompatan inovatif untuk performa kendaraan listrik.

Tujuan utamanya untuk meningkatkan performa, pengendalian, keamanan dan kenikmatan berkendara masa depan. Visi ini diwujudkan dengan beberapa produk elektrik baru dalam waktu dekat. Lexus menargetkan menawarkan produk full EV pada 2030 mendatang.

“Visi Lexus Electrified semakin terlihat lewat produk yang terdapat di booth tahun ini. Selain itu, dalam jajaran unit display juga menampilkan UX300e, model SUV all electric Lexus yang menjadi official car partner mendukung KTT G20,” ucap Bansar Maduma, General Manager Lexus Indonesia beberapa waktu lalu.

Toyota menerapkan strategi multiple pathways untuk meningkatkan kecepatan mencapai netralitas karbon. Sejak tahun 2009, TAM telah menghadirkan kendaraan elektrfikasi di pasar Indonesia melalui Toyota Prius.

Kini, tidak kurang dari 11 line-up kendaraan elektrifikasi yang telah TAM hadirkan di Indonesia, di mana hingga akhir bulan bulan Juli 2022 total penjualan line-up elektrifikasi TAM mencapai lebih dari 6.600 unit.

Secara global, hingga saat ini, Toyota dan Lexus telah menjual lebih dari 20 juta unit model elektrifikasi di seluruh dunia, membantu mengurangi emisi CO2 hingga lebih dari 160 juta metrik ton.

Rencananya, akan ada 143 unit Lexus UX300e yang akan berpartisipasi di gelaran KTT G20. SUV listrik ini menghasilkan daya hingga 201 tk dan torsi 300 Nm dengan jarak tempuh hingga 300 kilometer.

Fitur keamanannya terdapat 8 SRS airbag, blind spot monitor, panoramic view monitor dan all aroud parking sensor. Teknologi keselamatannya antara lain pre collision system, dynamic radar cruise control, lane departure alert, dan adaptive high beam system.

Sumber: Oto.com

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya