Sukses

Masuk Musim Hujan, Cek Lagi Beberapa Komponen Penting Ini

Dari informasi yang dibagikan Auto2000, ada beberapa komponen yang harus dicek pemilik kendaraan untuk menjaga performa mobil agar tetap mumpuni saat melintas di tengah hujan.

Liputan6.com, Jakarta - Curah hujan di beberapa wilayah mulai meninggi. Hal ini tentunya harus diantisipasi oleh pengemudi kendaraan agar dapat meningkatkan faktor keselamatan saat berkendara.

Melihat kondisi aspal yang licin pasca diguyur hujan, sudah tentu hal ini menjadi perhatian yang besar bagi pemilik kendaraan saat melintas.

Dari informasi yang dibagikan Auto2000, ada beberapa komponen yang harus dicek pemilik kendaraan untuk menjaga performa mobil agar tetap mumpuni saat melintas di tengah hujan.

Salah satu komponennya adalah telapak ban, hal ini bisa dilihat melalui Tread Ware Indicator (TWI) di mana apabila kondisi ban telah melewati batas tersebut performanya akan menurun saat melintas di aspal yang licin.

Di samping itu, tekanan angin di dalam ban juga harus diperiksa agar mobil dapat dikemudikan dengan baik. Usahakan melakukan pengisian angin pada ban sesuai dengan anjuran dari bengkel resmi.

Tidak hanya pada permukaan ban atau kondisi ban, tetapi untuk sektor pengereman juga harus diperhatikan agar faktor keselamatan juga tetap terjaga saat melintas di kondisi hujan.

Cek komponen kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran. Periksa juga saluran rem dari kebocoran agar performa rem tetap maksimal saat diandalkan di kondisi hujan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Bagian Lainnya

 

Sementara itu, untuk sisi penerangan juga harus diperiksa demi keselamatan berkendara baik untuk diri sendiri ataupun pengguna jalan yang lain.

Penerangan ini terdiri dari beberapa lampu seperti lampu utama, sein, fog lamp hingga lampu belakang jangan sampai ada yang mati atau rusak.

Pastikan AC berfungsi baik supaya tidak mengganggu daya pandang pengemudi lantaran kaca depan berembun. Kaki-kaki seperti sistem kemudi dan suspensi yang optimal turut menjaga performa mobil di jalan basah.

3 dari 3 halaman

Infografis MRT Jakarta Kembangkan Kawasan Berorientasi Transit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.