Honda Africa Twin Kena Recall, Ini yang Jadi Biang Keroknya

Oleh Fahmi Rizki pada 13 Sep 2022, 16:03 WIB
Diperbarui 13 Sep 2022, 16:03 WIB
Honda
Perbesar
Honda CRF1100L Africa Twin. (RideApart)

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan dokumen yang dirilis oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), baru-baru ini mereka mengumumkan melakukan penarikan kembali terkait model Honda Africa Twin.

Dari informasi tersebut diketahui bahwa, penyebabnya adalah adanya kesalahan pada Engine Control Unit (ECU) yang menyebabkan teknologi Dual Clutch Transmission (DCT) menjadi mati.

Dampaknya, setelah adanya kerusakan pada DCT tersebut akan menyebabkan hilangnya tenaga penggerak sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan.

Setidaknya ada 1.561 unit Honda Africa Twin yang harus ditarik kembali dari pasaran. Adapun unit yang terdampak adalah motor dengan rentang produksi pada tahun 2020 sampai 2021 yang mengusung teknologi DCT tersebut.

"Kesalahan software pada Engine Control Unit (ECU), dapat memutuskan komunikasi ke Controller Area Network (CAN) dan melepaskan kopling, yang dapat mengakibatkan mesin mati atau kehilangan tenaga penggerak," tulis pernyataan resmi NHTSA.

Dari beberapa kejadian yang menimpa para pemilik motor Honda Africa Twin, dikabarkan mereka akan mengalami mesin mati saat berhenti cukup lama yang disebabkan oleh software. Saat berhenti tadi, DCT tidak berfungsi dengan baik dan hanya bisa menarik kopling sepeda motor dan tersentak ke depan, sehingga dapat menyebabkan mesin mati yang berpotensi menyebabkan tip-over.

Adapun dampak yang berbahaya adalah ECU bisa membuat kesalahan saat motor sedang bergerak dan mengalami mati mesin, sehingga akan menyebabkan pengendara yang ada di belakang menjadi panik dan akan menginjak rem secara mendadak.

Untuk itu, demi memberikan kepuasan kepada pelanggan Honda Africa Twin di Amerika, dealer Honda di sana akan melakukan perbaikan dan mengatasi masalah dengan unit tersebut.

Untuk mendapatkan pengecekan serta penyelesaian masalah, konsumen tidak dibebankan biaya alias gratis.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Kacau, Pria Ini Cuci Sepeda Motor Pakai Air Laut

Video yang memperlihatkan kejadian nyeleneh ini diunggah oleh akun Instagram @hujatbaper pada Jumat (9/9/2022). Berikut ini ulasan selengkapnya!

Cuci Motor Pakai Air Laut

Awalnya terlihat ada Honda Vario yang diparkir di sebuah pantai. Didekatnya ada seorang pria yang tengah mengambil air laut menggunakan sebuah wadah.

Selanjutnya ia berjalan ke motor matik tersebut dan langsung menyiramkan air laut ke bodinya. Ini ia lakukan beberapa kali hingga air laut di tangannya habis.

Setelah itu pria berkaos hitam tersebut langsung bergegas untuk meninggalkan lokasi pantai. Hingga berita ini ditulis belum diketahui lokasi kejadian tersebut dan nasib motor Honda Vario.

Auto Karatan

Video yang telah disukai lebih dari 3 ribu kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang langsung menuliskan tanggapan kocak.

"bersih dan berkarat😂," tulis ibnuibrhm_

"Auto karatan," jelas oktowtpa

"Sangat cocok dengan umur nya sekarang," komentar m_holik1

"Wkwkwk lawak, auto karatan," ungkap boy.1id

"Mungkin dia bosan dengan warna hitam, terus ganti warna coklat doff alami," tulis _ichsan_nb

Infografis Ragam Tanggapan Beli Minyak Goreng Curah Pakai PeduliLindungi. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ragam Tanggapan Beli Minyak Goreng Curah Pakai PeduliLindungi. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya