Sukses

Potret Mendiang Ratu Elizabeth II Tunggangi Motor BSA Saat Muda

Bukan rahasia lagi bila mendiang Ratu Elizabeth II memiliki banyak koleksi mobil langka dan eksotis. Ia juga diketahui pernah mengendarai motor BSA

Liputan6.com, Jakarta - Bukan rahasia lagi bila mendiang Ratu Elizabeth II memiliki banyak koleksi mobil langka dan eksotis. Tapi tahukah Anda, hampir 80 tahun yang lalu saat dirinya masih berstatus seorang putri berusia 19 tahun sang Elizabeth muda pernah mengendarai sepeda motor dengan sangat gagah.

Berdasarkan foto yang dimuat oleh Motoress, terlihat Ratu Elizabeth II seakan luwes mengendarai sepeda motor BSA 1-silinder berkubikasi 250 cc. Ia terlihat mahir melewati slalom dengan ekspresi penuh konsentrasi di wajahnya.

Elizabeth Alexandra Mary Windsor, begitu nama lengkap sang Ratu, sewaktu muda dia adalah anggota Auxiliary Territorial Service (ATC) sebuah institusi Angkatan Darat Inggris khusus wanita. Dirinya dilatih untuk bisa mengemudi motor, mobil, dan menjadi mekanik. 

Keikutsertaan Elizabeth di ATC sempat ditentang oleh anggota kerajaan, terkhusus kedua orangtuanya. Namun ia sangat menikmati hal itu dan pulang ke istana Buckingham dengan riang meski baju berlumuran oli dan kotoran di bawah kuku jarinya.

Merek motor BSA adalah akronim dari Birmingham Small Arms, sebuah perusahaan otomotif yang saat itu juga memproduksi senapan mesin untuk pesawat tempur Spitfire. Diyakini bila Ratu Elizabeth II muda menunggangi model M20 non kebutuhan perang.

BSA M20 sendiri jadi salah satu sepeda motor asli Inggris yang paling banyak digunakan dalam perang Perang Dunia ke II. Diperkirakan sebanyak 126 ribu unit berhasil diproduksi di medio tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang BSA M20

BSA M20 pertama kali hadir pada medio 1930-an. Awal kelahirannya dipandang sebagai produk gagal, namun faktanya kuda besi ini berkembang menjadi sepeda motor yang paling lama melayani militer Inggris dalam situasi Perang Dunia ke II.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa BSA M20 tunggangan Ratu Elizabeth muda adalah unit pasca perang (250 cc). Hal itu dijelaskan karena bentuknya yang sedikit lebih kecil ketimbang motor BSA M20 untuk kepentingan perang.

Sepeda motor tersebut juga makin populer di kalangan pengendara wanita pada saat itu. Hal ini tak lepas dari momen Ratu Elizabeth II mengendarai BSA dan terus dipublikasikan secara masif pada zamannya.

Selain diproduksi untuk kebutuhan dalam negeri Inggris, BSA juga diekspor ke beberapa negara lain seperti India, Afrika, dan Swedia.

Sayangnya, model M20 harus diberhentikan produksinya pada 1961 setelah bertahan kurang lebih 30 tahun lamanya.

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini