Begini Nasibnya Jika BPKB Menjadi Pengganti Buku Gambar Anak

Oleh Liputan6.com pada 10 Sep 2022, 16:00 WIB
Diperbarui 10 Sep 2022, 16:00 WIB
BPKB penuh coretan (TikTok/@papi88pemulungelite)
Perbesar
BPKB penuh coretan (TikTok/@papi88pemulungelite)

Liputan6.com, Jakarta - Dokumen penting seperti BPKB sebaiknya disimpan di tempat yang tidak terjangkau oleh anak-anak. Hal tersebut tentu memiliki tujuan untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan.

Seperti yang dialami seorang pria pemilik akun TikTok @papi88pemulungelite. BPKB kendaraan miliknya dijadikan buku gambar oleh anaknya sendiri. Alhasil setiap lembarnya penuh coretan.

Video yang memperlihatkan kejadian ini diunggah pada seminggu lalu. Berikut ini ulasan selengkapnya!

BPKB Penuh Coretan

Awalnya pemilik akun bernama Papi 88 memerlihatkan BPKB kendaraannya. Ia pun kemudian membuka dokumen berharga tersebut, tanpa diduga di lembar pertama dan kedua penuh coretan.

Bahkan data-data kendaraan yang dicantumkan sama sekali tak terlihat gara-gara tertutup tinta hitam. Kondisi serupa pun terjadi pada lembar-lembar berikutnya.

Ia mengecek setiap lembar di BPKB. Semuanya diberi coretan oleh anak tercinta, namun tak separah di lembar pertama dan kedua.

"Bocahe Gabut," tulisnya.

Komentar Netizen

Video yang telah disukai lebih dari 400 kali ini mendapatkan beragam komentar netizen. Banyak dari mereka yang memberi solusi agar dapat BPKB baru.

"Punya bakat terpendam!," tulis RagajayaneSegar

"Anaknya terlalu pintar," jelas Ngock

"balik nama/ pindah kota dapat BPKB baru dari samsat," ungkap abcd12477

"bwak k Samsat ganti baru masih bisa tw om," komentar Rianda Nugraha91

"di balik nama satu keluarga aja .. nanti di ganti BPKB baru," tulis nurman

Sumber: Otosia.com

Saksikan videonya di https://www.tiktok.com/music/original-sound-Suprie-Belenyon-6923953506080606977

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Pengertian BPKB yang Wajib Anda Ketahui

Memiliki kendaraan pribadi baik motor maupun mobil tentu akan mempermudah kehidupan Anda. Oleh karena itu, sangatlah penting memiliki kendaraan secara resmi yang dibuktikan dengan kepemilikan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor).

Buku ini biasanya diperoleh ketika sudah membeli sebuah kendaraan bermotor. BPKB adalah buku yang dikeluarkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor.

Isi dari BPKB motor adalah keterangan kepabeanan, pendaftaran polisi, catatan mengenai perubahan pemilik kendaraan bermotor, catatan pejabat polisi lalu lintas, catatan tentang pelunasan pajak dan identifikasi kendaraan bermotor.

Pengertian BPKP

Dilansir situs resmi Polri.go.id, pengertian BPKB dijabarkan sebagai berikut:

1. BPKB adalah Buku yang dikeluarkan/diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor.

2. BPKB berfungsi sebagai Surat Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor.

3. Penerbitan BPKB dilaksanakan oleh Satuan Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

4. Spesifikasi teknis dan pengadaan BPKB ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia.

5. Bersamaan dengan pendaftaran BPKB diberikan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK).

Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Ratu Inggris Elizabeth II Meninggal Dunia. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya