Sukses

Yamaha Rilis YZF-R1 GYTR, Spesifikasinya Ngeri Banget

Yamaha YZF-R1 GYTR atau Genuine Yamaha Technology Racing, merupakan versi balap yang dijual bebas oleh pabrikan tersebut. Tetapi, model ini tetap tidak bisa digunakan untuk berkendara harian.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah tahun lalu Yamaha melepas YZF-R6 versi balap untuk konsumen, kini pabrikan sepeda motor berlogo garpu tala tersebut, kembali meluncurkan superbike buasnya yang mengambil basis YZF-R1.

Yamaha YZF-R1 GYTR atau Genuine Yamaha Technology Racing, merupakan versi balap yang dijual bebas oleh pabrikan tersebut. Tetapi, model ini tetap tidak bisa digunakan untuk berkendara harian.

Pasalnya, kelengkapan seperti sein, lampu depan, spion dan beberapa komponen standarnya sengaja tidak dilasang oleh pabrikan.

Meski secara bentuk atau desainnya masih mirip dengan YZF-R1 standar, namun Yamaha telah melakukan perombakan dari berbagai sisi.

Penggunaan panel bodi, buritan serta fairing juga dibuat lebih spesial karena menggunakan bahan carbon fiber untuk meringankan bobotnya.

Yamaha YZF-R1 GYTR merupakan jelmaan motor World Superbike yang digunakan oleh pembalap pabrikan dalam ajang tersebut. Kini, raksasa otomotif roda dua Jepang telah memformulasikan sesuatu yang baru agar motor ini dapat memiliki tingkat kebuasan yang lebih agresif.

Dari sektor mesinnya, sejatinya masih mengandalkan jantung mekanis empat silinder CrossPlane berkubikasi 999 cc. Namun, untuk memberikan performa yang lebih beringas tadi, maka ECU yang ditanamkan sudah diracik sedemikian rupa oleh Tim GYTR yang mengambil DNA dari ajang WSBK.

Tidak hanya itu, untuk urusan penggunaan jeroan seperti gir rasio, juga telah dimodifikasi dengan menggunakan yang lebih baik. Tuner telah menyesuaiakan keperluan dari mesin sehingga dapat menghasilkan transmisi yang lebih cepat.

Begitupun dengan swing arm, Tim GYTR telah meramu ulang bagian tersebut serta dikombinasikan dengan ban besutan Bridgestone R11 yang dapat memberikan traksi maksimal.

Guna memaksimalkan output yang keluar, maka sistem pembuangan kini telah dilengkapi dengan full system dari Akrapovic yang bebas katalis. Hasilnya, tenaga yang keluar dapat lebih besar lagi dan dapat menopang performa motor agar lebih maksimal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harganya Ditaksir Akan Lebih Mahal dari R1M

Melansir informasi Greatbiker, beberapa komponen racing yang diaplikasikan pada motor ini antara lain:

- Subframe belakang GYTR Pro Carbon

- Cover GYTR Pro Carbon

- Dashboard GYTR Pro

- Setang kustom

- Tripper Camp

- Kabel rem

- Kit Electronic Marelli

- Kit Brake Caliper Airducts

- Brambo Z04

- Adaptor Roda GYTR Pro

- Shockbreaker Ohlins FGR400

- Kit Kopling GYTR Pro- GYTR Pro Radiator

- MB

- Handbrake Handguard

- Kopling GYTR Pro

- Serta windshield yang sama seperti motor WSBK

Sementara perihal harga yang bakal ditawarkan, spekulasinya motor ini akan dijual lebih mahal 2 sampai 3 kali lipat dari harga R1M.

3 dari 3 halaman

Infografis Real Madrid

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.