Sukses

Toyota Gelontorkan Dana Rp 83 Triliun untuk Investasi Pabrik Baterai EV

Masifnya pertumbuhan mobil listrik di dunia, membuat raksasa otomotif Jepang, Toyota, telah milih cara untuk menggelontorkan dana sekitar Rp 83 triliun guna menginvestasikannya dalam pembangunan baterai mobil listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Masifnya pertumbuhan mobil listrik di dunia, membuat raksasa otomotif Jepang, Toyota, telah memilih untuk menggelontorkan dana sekitar Rp 83 triliun guna menginvestasikannya dalam pembangunan baterai mobil listrik.

Hal ini sejalan dengan target perusahaan di mana mereka telah berkomitmen pada tahun 2021 untuk menjual sebanyak 3,5 juta kendaraan listrik pada 2030 mendatang. Kebijakan tersebut seiring dengan tujuan Toyota untuk meningkatkan kapasitas produksi baterai antara 2024 hingga 2026 mendatang.

Dari dana yang telah disetujui tersebut, nantinya mereka akan memecah menjadi dua. Mengenai pembagiannya sendiri, investasi yang akan dilakukan adalah dengan memasukkan uang ke Himeji Plant of Prime Energy and Solutions Co. Ltd dan Toyota Battery Manufacturing yang terletak di California Utara.

Dikutip dari Autoindustriya, Toyota, juga memiliki tujuan untuk melanjutkan upaya mereka dalam membangun sistem pasokan yang dapat memenuhi permintaan kendaraan listrik berbasis baterai. Menurut mereka, permintaan terkait kendaraan listrik yang meningkat ini, juga berdampak pada pasokan komponen seperti baterai listrik.

Melalui investasi yang ditanamkan tersebut, perusahaan ingin meningkatkan kapasitas produksi baterai gabungan mereka menjadi 40 GWh. Untuk mewujudkan hal tersebut, mereka akan memanfaatkan Toyota Production System (TPS) dan akan membangun jalur produksi baru yang lebih efisien.

Dengan begitu, melalui penanaman modal yang dilakukan, nantinya Toyota tidak terlalu bergantung pada kemitraan mereka secara eksternal sehingga apabila rantai pasokan dengan pihak tersebut terganggu, mereka tetap bisa melakukan suplai terhadap kendaraan listrik produksinya sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ramaikan Segmen MPV, Geely Hadirkan Pesaing Innova Reborn

Segmen MPV masih menjadi salah satu ceruk pasar yang menjanjikan bagi para pabrikan otomotif. Salah satunya adalah Geely, pabrikan asal Tiongkok ini resmi merilis model MPV terbaru dengan beberapa keunggulan didalamnya.

Melansir informasi Carnewschina, MPV terbaru Geely yakni Jiaji L, kabarnya datang dengan dimensi yang lebih panjang 120 mm dari versi sebelumnya.

Secara dimensi, Geely Jiaji L ini langsung berhadapan dengan MPV andalan dari PT Toyota Astra Motor, yakni Innova Reborn. Untuk dimensi Jiaji sendiri, hadir dengan panjang 4.826 mm, lebar 1.909 dan tinggi 1.695 mm. Sementara Innova Reborn, dimensinya memiliki panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.795 mm.

Untuk fitur hiburan, MPV anyar ini dibekali dengan dua layar LCD, yakni layar seluas 10,25 inci yang terletak di belakang lingkar kemudi. Serta layar seluas 12,3 inci yang berada di tengah dashboard untuk segala akses infotainment.

Bicara perihal jantung mekanisnya, model baru ini ditenagai dengan mesin empat silinder 1.5 liter turbocharged yang mampu menyemburkan tenaga 181 tk. Dapur pacu tersebut dikawinkan dengan sistem transmisi automatic dual clutch tujuh percepatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Kendaraan Listrik

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Toyota

  • Otomotif