Sukses

Mulai di Uji Coba, Simak Spesifikasi Calon SUV Terbaru Wuling di Indonesia

Wuling Motors diketahui tengah menyiapkan mobil baru bernama Alvez atau Xingchen di Tiongkok. Mobil berjenis SUV ini beberapa kali tertangkap kamera tengah melakukan uji jalan di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Wuling Motors diketahui tengah menyiapkan mobil baru bernama Alvez atau Xingchen di Tiongkok. Mobil berjenis SUV ini beberapa kali tertangkap kamera tengah melakukan uji jalan di Indonesia.

Nomenklatur mobil ini telah terdaftar di Kementerian Hukum dan Ham. Mobil sedang menjalani uji jalan di sini dengan pelat nomor B 2507 XLM.

Mungkin bakal dirilis akhir tahun atau awal 2023. Ia bertugas untuk melawan sejumlah rival macam Honda HR-V, Hyundai Creta, Mazda CX-3 dan lainnya.

Opsi jantung pacu yang dipunya ada tiga jenis. Pertama menggunakan mesin naturally aspirated 1,5 liter. Kemudian 1,5 liter turbo (seperti milik Almaz) dan terakhir, versi hybrid ditawarkan pakai enjin 2,0 liter plus motor listrik.

Varian dengan jantung hybrid dikenal sebagai Asta Hybrid. Semua powertrain produksi SAIC-GM-Wuling Automobile Co., Ltd sendiri. Belum ada info lebih lanjut, varian mana yang bakal dijual di Indonesia.

Soal dimensi Wuling Alvez punya panjang 4.365 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.640 mm dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Bagian wajah kendaraan menggunakan kisi-kisi berukuran besar.

Kalau diperhatikan, mirip MPV Wuling Victory. Detailnya menggunakan hiasan kromium horizontal. Di sisi lain, lampu depan berbentuk jajar genjang, ada DRL plus fog lamp LED.

Bagian samping terlihat lebih kompak daripada Almaz. Garis atap kendaraan menukik lebih cepat. Tidak mengadopsi bentuk standar SUV, malah makin mendekati gaya coupe.

SUV anyar Wuling ini tampak menggunakan rancangan pilar A/B/C yang tersembunyi untuk menambah kesan atraktif. Bagian buritannya memakai lampu poligonal. Meningkatkan efek visual secara horizontal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fitur-Fitur

Di Tiongkok, Xingchen punya sistem konektivitas terbaru, yang mengintegrasikan smartphone dan fitur dalam kendaraan.

Anda dapat menemukan posisi mobil, mengunci dan membuka kunci kendaraan, menyalakan AC, serta tindakan lain. Cukup melalui sentuhan jari di smartphone. Fitur perintah suara macam WIND Almaz pun tersedia.

Mobil dibekali sistem pengenalan suara canggih. Memungkinkan pengguna mengirim pesan suara dan ditranslasikan ke pesan teks melalui WeChat.

Tujuannya agar pengemudi tetap fokus terhindar dari gangguan. Sistem ini bisa diperbarui atau upgrade over-the-air (OTA).

Bagian keselamatan, mengadopsi sistem bantuan pengemudi garapan Bosch. Teknologi ADAS Level-2 tersisip, mencakup sebagian besar skenario mengemudi harian demi mengurangi kelelahan. Tak kecuali dalam lalu lintas padat.

Sistem adaptive cruise control juga dapat diaktifkan pada kecepatan hingga 130 km/jam. Jika teknologi di dalam Alvez mirip punya Almaz namun harga lebih murah. Ia sangat layak dinanti di Indonesia. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.