Nantinya Nomor Mesin dan Sasis Tak Lagi Jadi Patokan Modifikasi Kendaraan

Oleh Septian Pamungkas pada 04 Sep 2022, 17:04 WIB
Diperbarui 04 Sep 2022, 17:04 WIB
Mencoba replika motor kustom Jokowi di IIMS 2019 (Ist)
Perbesar
Mencoba replika motor kustom Jokowi di IIMS 2019 (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Dunia modifikasi Tanah Air semakin berkembang. Hal itu bisa dilihat banyaknya motor modifikasi yang beredar di jalanan ataupun membludaknya peserta yang mengikuti kontes motor kustom di Indonesia.

Bahkan tak sedikit motor-motor kustom hasil karya builder Tanah Air yang tampil berbagai event dunia. Ini menunjukkan karya-karya yang dihasilkan memiliki karakter dan berkualitas.

Menurut Ketua MPR RI sekaligus Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet), perkembangan motor kustom Tanah Air tak lepas dari peran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

"Kita bersyukur memiliki presiden yang juga menggemari otomotif. Secara tidak langsung dan tidak sadar, Pak Jokowi memotivasi para penggiat dan builder membangun motor dengan segala inovasi modifikasinya,"

"Sudah dua-tiga kali Pak Jokowi mempercayakan modifikasi motornya kepada (builder) anak bangsa," terang Bamsoet saat pembukaan Otobursa Tumplek Blek 2022 di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

Dirinya juga menyebutkan tak lama lagi perundang-undangan terkait kendaraan hasil modifikasi atau kustom akan rampung.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Aturan Baru

Diharapkan jika peraturan itu sudah disahkan maka akan semakin banyak kendaraan bermotor kustom yang beredar di jalanan Indonesia.

"Sebentar lagi undang-undang yang mengatur bahwa (karya) modifikasi bisa dipakai di jalan raya, karena ke depan nomor mesin dan sasis tidak lagi jadi masalah utama (dalam memodifikasi kendaraan)," katanya.

Ia menyebut, jaman sudah berubah. Sekarang ini tren modifikasi sudah bergeser kepada mesin listrik dan di luar negeri, ganti mesin ataupun ganti bodi sudah menjadi hal biasa.

"Tapi di Indonesia masih terkurung dengan aturan perundang-undangan yang ada bahwa nomor sasis dan nomor mesin itu wajib, tapi nanti ke depan itu sudah tidak ada lagi. Mungkin yang ada nomor VIN yang akan menjadi patokan sebuah kendaraan," beber Bamsoet.

Infografis Perbandingan Harga BBM di SPBU Wilayah Jakarta per 3 September 2022 Pukul 14.30 WIB. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Perbandingan Harga BBM di SPBU Wilayah Jakarta per 3 September 2022 Pukul 14.30 WIB. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya