Gendong Mesin Avanza-Xenia, Ini Ubahan Daihatsu GranMax Terbaru

Oleh Arief Aszhari pada 30 Agu 2022, 17:33 WIB
Diperbarui 30 Agu 2022, 17:33 WIB
Daihatsu Gran Max terbaru Pikap
Perbesar
Daihatsu Gran Max terbaru model pikap (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan komersial masih menjadi andalan bagi pabrikan mobil di Indonesia, untuk mendapatkan penjualan yang besar. Hal tersebut, tentu saja disadari oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yang akhirnya meluncurkan penyegaran dari GranMax.

Mobil komersial asal Jepang ini, baru kembali mendapatkan penyegaran setelah 15 tahun dipasarkan di Tanah Air. Berbagai ubahan disematkan di GranMax baru ini, tapi untuk eksterior sendiri tidak mengalami pembaruan.

Namun, Daihatsu GranMax baru ini kini menggunakan roda berukuran 14 inch, sehingga area ground clearance atau ketinggian dari tanah yang bertambah tinggi 15 mm yang dapat membantu performa berkendara tetap aman dan nyaman saat melewati genangan air.

Sementara itu, GranMax masih ditawarkan dalam tiga pilihan bodi, yaitu pikap, minibus, dan blind van. Opsi mesin juga tetap dua, yaitu 1.300cc dan 1.500cc.

Untuk pilihan mesin 1.300cc tak mengalami ubahan. Namun, ADM mengganti mesin GranMax khusus 1.500cc dari tipe 1NR-VE menjadi 2NR-VE. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimal 97 daya kuda, bertambah dua dk dari versi lama. Sementara, torsinya mencapai 134 Newton meter.

Selain lebih bertenaga, mesin dengan teknologi dual VVT-i seperti Avanza dan Xenia ini, diklaim lebih irit bahan bakar hingga 5 persen dibanding mesin yang lama. Sedangkan konsumsinya bahan bakar untuk GranMax pikap dan minibus diklaim sekitar 12 km/liter.

"Ubahan yang kita lakukan, adalah bagian dari strategi produk berdasarkan sudut pandang konsumen. Dua hal paling utama, adalah power dan efisiensi biar hemat biaya operasional," ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), saat konferensi pers peluncuran GranMax baru.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Kenyamanan

Interior Daihatsu Gran Max terbaru
Perbesar
Interior Daihatsu Gran Max terbaru (Otosia.com/Arendra Pranayaditya)

Dari sektor kenyamanan, kini GranMax juga dilengkapi dengan EPS (Electronic Power Steering) agar lebih ringan ketika bermanuver saat berkendara dalam menjalankan operasional bisnis sehari-hari, dan juga mudah dalam perawatan.

Bagian interior, GranMax juga memiliki desain setir kemudi terbaru yang memudahkan operasional berkendara, serta tambahan cup holder dan dashboard storage untuk kemudahan peletakan barang yang serbaguna.

Daihatsu GranMax tersedia dalam beragam varian, yang dapat dipilih sesuai kebutuhan para pebisnis dengan harga mulai dari Rp156.500.000 sampai Rp213.800.000 (OTR DKI Jakarta).

Harga Daihatsu GranMax:

Minibus

1.5 FTF AC PS Rp213,8 juta1.3 FF Rp200 juta1.3 FtF Rp193,3 juta

Blind Van

1.3 AC Rp167,05 juta1.3 Non AC Rp162,85 juta

Pikap

1.5 STD AC PS Rp163,6 juta1.5 STD/3-Way Non AC PS Rp156,5 juta1.3 STD 3-Way Rp150,5 juta

Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Pencegahan dan Bahaya Mengintai Akibat Cuaca Panas. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya