Sukses

Biar Tetap Awet, Begini Cara Merawat Kopling Sepeda Motor

Populasi sepeda motor kopling di Indonesia, memang tidak sebanyak skuter matik (skutik). Namun, jenis roda dua ini masih cukup digemari, terlebih yang bergenre sport.

Liputan6.com, Jakarta - Populasi sepeda motor kopling di Indonesia, memang tidak sebanyak skuter matik (skutik). Namun, jenis roda dua ini masih cukup digemari, terlebih yang bergenre sport.

Tipe sepeda motor kopling, pada dasarnya terbagi menjadi tiga, yaitu kopling manual, kopling sentrifugal, dan kopling ganda. Kuda besi dengan tipe kopling manual didominasi oleh motor sport. Kombinasi kopling dan perpindahan gigi secara manual memudahkan konsumen untuk mengubah percepatan motor sesuai yang diinginkan.

Nah, agar sepeda motor tetap awet, memang perlu adanya perawatan berkala. Berikut, tips untuk merawat kopling sepeda motor dari Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu) :

1. Rutin mengganti oli

Merawat kopling manual, harus rutin mengganti oli. Pergantian oli biasanya dilakukan pada 3.000 km perjalanan. Semakin jauh jarak yang ditempuh maka kualitas oli mesin akan berkurang. Hasilnya, oli pada motor akan keruh dan berubah warna menjadi hitam.

2. Rajin melakukan pengecekan dan penyetelan tuas kopling

Motor dengan kopling manual, tentu saja kinerja kopling motor Anda harus selalu prima. Kampas kopling yang bermasalah dapat mengganggu kinerja mesin saat melakukan perpindahan gigi dan akan mempengaruhi laju motor Anda.

Untuk menjaganya, para pengendara motor bermesin kopling ini harus rajin mengecek dan menyetel tuas kopling pada motornya.

Jika kampas kopling sudah mulai aus maka tuas kopling akan longgar, dan harus dilakukan penyetelan sesuai standard, jika sudah tidak bisa dilakukan penyetelan berarti kampas kopling sudah habis dan harus dilakukan pergantian kampas kopling. Biasakan mengganti sparepart dengan yang asli di bengkel resmi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Cek pergerakan tuas dan kabel kopling

Adakalanya saat menggunakan motor bermesin kopling manual, tarikan pada kopling terasa berat. Jika terjadi hal yang demikian Anda tidak perlu panik, ini terjadi karena kabel kopling motor Anda mulai kering karena karat atau kotoran lainnya.

Cara mengatasinya cukup mudah, Anda tidak perlu membawanya ke bengkel. Cukup berikan cairan pelumas anti karat ke dalam kabel melalui tuas pada bagian handling kopling. Setelah cairan masuk coba tarik handing kopling perlahan beberapa kali. Jika masih berat, Anda bisa menambahkan kembali cairan pelumasnya dan mengulangi langkah tersebut sampai tarikan kopling terasa enteng.

4. Gunakan bahan bakar sesuai nilai kompresi sepeda motor

Semakin tinggi nilai kompresi sepeda motor maka akan membutuhkan bahan bakar dengan oktan tinggi.

Ketidaksesuaian pemilihan oktan bahan bakar akan menyebabkan performa sepeda motor menurun. Maka selalu perhatikan spesifikasi sepeda motor Anda terutama nilai kompresi-nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.