Sukses

Hayabusa Ini Menjelma Jadi Monster Menakutkan, Lawan Baru Kawasaki H2R

Baru-baru ini, Kawasaki H2R rasanya patut ketar-ketir lantaran rumah modifikasi TTS Performance memperkenalkan TTS Superbusa sebagai lawan sepadan untuk superbike tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Kedigdayaan Kawasaki sebagai motor tercepat di dunia lewat kehadiran H2R memang tidak bisa ditangguhkan. Berkat perkawinan antara mesin yang buas ditambah dengan penyematan teknologi supercharger, membuat superbike tersebut menghasilkan tenaga yang besar.

Namun baru-baru ini, Kawasaki H2R rasanya patut ketar-ketir lantaran rumah modifikasi TTS Performance memperkenalkan TTS Superbusa sebagai lawan sepadan untuk superbike tersebut.

Mengambil basis dari Suzuki Hayabusa lansiran 2022, monster ini akhirnya menjelma sebagai penantang kuat untuk merebut takhta sebagai motor tercepat di dunia. Di atas kertas, hasil kerja dari tuner tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 375 tk.

Adapun beberapa pekerjaan yang dilakukan oleh rumah modifikasi tersebut untuk membuat TTS Superbusa ini adalah dengan melakukan revisi di bagian mesin, penambahan komponen supercharger Rotrex, fuel pump baru, serta remap ECU.

Dalam melakukan remap ECU, diketahui tuner tersebut menggunakan program Woolwich Tuning sehingga semburan tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar dan lebih kuat.

Selain melakukan upgrade dari sisi jantung mekanis, tuner juga turut melakukan modifikasi pada beberapa part pendukung. Sebut saja rem dan suspensi, velg berbahan serat karbon, serta ditambah dengan beberapa komponen yang dibuat dengan bahan serat karbon juga.

Demi memberikan akselerasi serta efek yang begitu besar para performa, TTS Superbusa ini telah dilengkapi dengan satu set spoiler yang dirancang khusus untuk superbike tersebut. Kabarnya, dengan penggunaan spoiler tersebut dapat membuat downforce yang lebih baik lagi.

Kehadiran TTS Superbusa ini merupakan salah satu cara dari TTS Performance dalam merayakan hari jadi mereka yang ke-40 tahun. Untuk itu pula, edisi yang dibangun ini akan diproduksi terbatas dan hanya berjumlah 40 unit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi Dasar Suzuki Hayabusa 2022

Di atas kertas, motor ini hadir dengan spesifikasi mesin empat silinder in-line 1.340cc serta dilengkapi dengan sistem throttle electronic ride-by-wire yang mampu meningkatkan kenyamanan berkendara.

Bicara tenaga yang dihasilkan, All New Hayabusa mampu memproduksi tenaga sebesar 187 tenaga kuda pada 9.700rpm dan torsi puncak sebesar 150 Nm pada 7.000rpm.

Kehadiran All New Hayabusa ini sekaligus mengadopsi beberapa fitur baru yang lebih modern. Tercatat, Suzuki sudah membenamkan seabreg fitur mumpuni yang mampu memberikan kenikmatan berkendara bagi penggunanya.

Mulai dari mode berkendara sampai pengaturan kecepatan sudah dibenamkan pada motor gede ini.

Salah satu pengembangan yang dilakukan adalah dengan membenamkan mekanisme intake dan exhaust di mana hasilnya mampu mendongkrak tenaga dan torsi dalam rentang rpm dari bawah ke tengah.

Sementara untuk standar regulasi emisi yang dihasilkan, All New Hayabusa, sudah memenuhi standar emisi Euro 5 yang menjadi gerbang awal untuk bisa dinikmati para penikmat moge di Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.